Misteri Ikan Pembawa Sial, Tidak Ada Orang yang Berani Memakannya


Ikan gateng, atau sering dikenal dengan ikan sidat, adalah ikan mistis di Desa Baosan Lor, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Populasinya bisa dikatakan banyak, namun sulit diketahui keberadaannya.

Sekretaris Desa Baosan Lor, Sungkono (55), mengatakan satu-satunya tempat favorit untuk melihat ikan sidat adalah di lokasi hulu Sungai Jurang Gandul. Jurang Gandul merupakan tempat wisata air terjun yang letaknya 40 kilometer dari pusat Kota Ponorogo.

Di hulu Sungai Jurang Gandul, ada satu titik dimana ikan sidat jadi sangat jinak dan sering tampak di permukaan air. Bahkan tak jarang, ketika banjir besar, seakan tidak mau terbawa arus sungai, ikan sidat justru berenang ke pinggir sungai bahkan hingga naik ke jalan raya.

“Kalau dilogika, ikan ini kalau banjir pasti jatuh ke bawah, ya. Tapi gateng atau sidat ini malah naik ke jalan atau pinggir sungai agar tidak terbawa arus,” kata Sungkono.

Sungkono menjelaskan, meski ikan sidat sering menampakkan diri dan kadang jika banjir pun sering kali naik ke jalan, namun warga masyarakat Baosan Lor tidak pernah mengambil ataupun memancing ikan tersebut untuk dibawa ke rumah dan dimasak.

Hal ini berkaitan dengan sejumlah mitos yang sudah berpuluh-puluh tahun diceritakan dari mulut ke mulut oleh warga. Salah satu mitosnya adalah akan terjadi musibah atau bahkan kematian jika ada warga yang berani mengambil ikan sidat di hulu Sungai Jurang Gandul.

“Warga sini tidak ada yang berani mengambil, makanya populasinya banyak dan besar-besar,” terang Sungkono. 

Bahkan ketika ada warga dari luar desa yang berani mengambil atau memancing dan ketahuan oleh warga, langsung diminta untuk mengembalikan. Selain untuk menjaga populasi ikan sidat, warga juga tidak ingin jika mitos tersebut menjadi kenyataan. 

Pasalnya sudah beberapa kali terjadi, ada orang dari luar desa tabur bunga tujuh rupa di beberapa titik hulu Sungai Jurang Gandul. Saat ditanya warga, orang yang menabur bunga tersebut hanya mengatakan ingin meminta maaf dan membuang sial. 

“Populasi paling banyak ada di bawah air terjun Jurang Gandul, tapi medannya sulit untuk ke sana,” imbuh Sungkono. 

Ia menceritakan, pernah menemui ikan sidat dengan ukuran hingga sebesar paha orang dewasa, dengan panjang lebih dari satu meter. Namun rata-rata saat ini ikan sidat yang ada hanya sebesar lengan dengan panjang satu meter. 

“Kalau ingin melihat, kadang warga melempar umpan seperti, daging, telur, ataupun roti. Nanti ikannya akan keluar,” ungkap Sungkono. 

Kades Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Suprapto, menuturkan, sungai di desanya juga beberapa kali ada penampakan ikan sidat. Bahkan beberapa warga juga ada yang berani memancingnya untuk dikonsumsi. 

Namun untuk populasinya saat ini sudah sangat jarang dan sulit untuk memancingnya. Selain banyak warga sekitar yang mencari, banyak warga dari luar daerah juga memburu ikan yang mempunyai banyak kandungan zinch dan omega 3 tersebut. 

Terkait mitos ikan sidat, sejumlah warga di desanya ada yang percaya dan ada yang tidak. Warga yang percaya dengan mitos ikan yang membawa kesialan atau musibah jika memancing atau memakan maka tidak akan berani untuk mengusik ikan tersebut. 

“Katanya gateng atau sidat ini baik untuk kekebalan tubuh dan dagingnya enak,” tutur Prapto.

Sementara itu, warga Desa Gedangan, Kecamatan Ngrayun, Nur Wanto, mengatakan jika di sungai Dung Mojo juga beberapa kali tampak ikan sidat. Namun tidak jinak seperti yang ada di Desa Baosan Lor. Untuk memancingya pun sangat sulit. Selain karena sungai yang lebar dengan arus lumayan deras, banyak bebataun besar menjadi tempat persembunyian ikan sidat. 

“Mulai dari sungai Poko hingga Dung Mojo memang ada ikan sidat. Sungai ini langsung tembus di hilir pantai di Pacitan,” kata Nur. 

Ikan sidat merupakan ikan air tawar dengan bentuk tubuh yang menyerupai belut. Dengan dua sirip yang ada di belakang kepala dan warna tubuh hitam sedikit motif seperti bunga atau kembang di sepanjang tubuhnya. 

Related

Mistery 7194532397732092966

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item