Ini 4 Penyebab TV Digital Tidak Mendapat Sinyal


Program Analog Switch Off (ASO) dilakukan bertahap mulai 2 November 2022. Siaran televisi analog akan berganti dengan digital di tiap daerah.

Namun ternyata ada kemungkinan televisi digital atau perangkat STB tidak bisa menerima sinyal. Ini disebabkan oleh beberapa alasan:

1. Kualitas Antena

Televisi dan perangkat set-top-box (STB) membutuhkan antena untuk menangkap siaran digital. Jika antena telah tepat, lokasi dan ukurannya juga berpengaruh.

Pada area yang dikelilingi bangunan tinggi, antena dengan ukuran lebih kecil kemungkinan sulit untuk mendapatkan sinyal yang kuat.

2. Posisi Antena

Selain itu posisi antena juga berpengaruh pada kemampuan menangkap sinyal. Ini penting untuk area yang penuh bangunan, yakni dengan menggerakkannya sedikit maka kualitas sinyal yang diterima dapat berubah drastis.

Kemungkinan lain adalah antena saling berebut sinyal dengan antena digital lainnya. Kondisi tersebut seperti saat menggunakan smartphone di area yang padat, jadi perlu ada jarak antar antena digital.

3. Masalah Pada Kabel

Perlu juga diperhatikan sambungan kabel penghubung antar antena dan STV/TV digital. Jika komponen jack atau colokan rusak karena kotor atau penyok dan membuatnya tidak tersambung sempurna, dapat membuat sinyal tidak terdistribusi dengan maksimal.

4. Setelan STB

Perangkat STB memiliki setelan yang berbeda. Sebelum menggunakannya, baiknya membaca lebih dulu manual yang tersedia untuk memastikan pengaturan telah tepat.

Perlu diingat, Kementerian Kominfo memberikan sertifikasi STB untuk jadi acuan saat masyarakat membeli perangkat.

TV di rumah Anda perlu menggunakan STB jika belum memenuhi standar TV digital. Berikut ini cara mengaturnya:

Pastikan daerah sudah tersedia siaran televisi digital.

Pastikan memiliki antena UHF, yakni antena luar ruangan dan dalam ruangan.

Selain itu juga memastikan TV telah dilengkapi dengan set top box DVBT2 untuk menerima siaran TV digital.

Setelah TV terhubung, hidupkan perangkat TV dan ubah ke AV. Berikutnya, pilih opsi pengaturan dan pilih auto scan untuk memindai program siaran TV digital.

Related

Technology 7634343144226617855

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item