Cara Mudah Memiliki Ketahanan dalam Membangun Masa Depan Sukses

Salah satu cara mudah mengembangkan kecakapan delayed gratification skills ternyata terdiri dari ritual yang amat simpel, yakni selalu gerak...


Salah satu cara mudah mengembangkan kecakapan delayed gratification skills ternyata terdiri dari ritual yang amat simpel, yakni selalu gerakkan tubuh Anda (always move your body).

Stud-studi tentang human performance menunjukkan, modal utama agar kita mampu menjalankan delayed gratification skills (kecakapan menunda kesenangan demi sukses hari esok), serta mampu mempraktekkan kekuatan fokus dan rentang atensi yang panjang adalah “willpower” (kekuatan tekad). 

Kita akan mampu menunda kesenangan, mampu menjaga kekuatan fokus, dan mampu memperpanjang rentang atensi, jika kita memiliki cadangan willpower yang melimpah dalam diri kita.

Profesor Roy Baumeister dalam buku yang ia tulis, Willpower, menyebutkan, saat kita memiliki cadangan willpower yang melimpah, otomatis kita akan lebih mampu menahan diri dari godaan instant gratification, dan akan lebih mudah membangun fokus mendalam serta rentang atensi yang panjang. 

Jadi memiliki cadangan willpower yang memadai merupakan bekal kunci agar kita makin bisa mengembangkan kecakapan delayed gratification skills, kekuatan fokus dan daya rentang atensi.

Serangkaian riset empirik membutkikan, salah satu cara simpel dan praktikal untuk membuat cadangan willpower kita selalu terjaga dengan baik adalah saat kita bisa menumbuhkan rutinitas untuk selalu menggerakkan tubuh. Bahasa lainnya adalah saat kita bisa membangun kebiasaan berolahraga (exercise habit).

Selama ini kita sudah paham manfaat rutin olahraga bagi kebugaran tubuh. Ada sensasi kesegaran yang nikmat, yang biasa dirasakan oleh mereka yang rutin olahraga, sesaaat setelah menyelesaikan ritualnya.

Namun sejumlah penelitian tentang human performance menunjukkan dampak tersembunyi yang powerful dari kebiasaan melakukan olah tubuh. Yakni, saat kita rutin melakukan kebiasaan ini, pelan-pelan cadangan willpower dalam tubuh kita juga makin menguat, dan selanjutnya kita akan lebih mampu menahan diri dari godaan kenikmatan instan (instant gratification).

Dalam sebuah eksperimen terbukti, para responden yang rutin olahraga jadi lebih mampu menahan diri dari godaan makan enak, junk foods, secara sembarangan, dan sebaliknya cenderung lebih disiplin makan sehat. 

Selain itu, para responden yang rajin olahraga juga makin bisa menahan diri dari godaan belanja aneka barang konsumtif yang boros, dan sebaliknya jadi lebih disiplin dalam menabung dan menginvestasikan uanganya secara produktif.

Penelitian saintifik lain juga menunjukkan, kebiasaan melakukan olah tubuh membuat seseorang lebih cakap dalam menjaga fokus yang mendalam, mampu mempertahankan rentang atensi yang panjang, serta tidak mudah tergoda dengan aneka distraksi.

Merujuk berbagai manfaat tersembunyi yang positif dari kebiasaan melakukan olah tubuh (exercise) inilah, para peneliti mengatakan, jika Anda ingin cara simpel tapi powerful untuk meningkatkan kekuatan willpower agar lebih tekun dalam menjalani proses dan lebih fokus menjalani sesuatu, cukup lakukan kebiasaan olahraga secara rutin dalam pola kehidupan Anda.

Dari uraian di atas, kita bisa mulai menumbuhkan kebiasaan olahraga. Kita bisa mulai dengan menjalankan jenis olahraga yang kita sukai. Lalu lakukan dengan rutin, misal seminggu tiga kali, dan pelan-pelan ditambah jadi lima kali seminggu. 

Mulai juga dengan durasi yang pendek, misal cukup 15 menit per sesi. Mulai dengan langkah awal yang kecil dan mudah dilakukan. Lalu, setelah merasa nyaman, pelan-pelan naikkan skala durasinya jadi 30 menit per sesi.

Menjalani proses yang panjang dan melelahkan untuk jadi sukses amat membutuhkan stamina dan cadangan willpower yang melimpah. Sebab tanpa willpower yang kuat, kita akan mudah menyerah saat menjalani action yang membosankan, butuh fokus mendalam, dan juga rumit pelaksanannya. Alhasil, impian menjadi sukses akan tetap tinggal harapan.

Related

Inspiration 3189707181042433346

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item