4 Kitab yang Wajib Diimani Umat Islam dan Cara Mengimaninya


Salah satu rukun iman bagi setiap muslim adalah iman kepada kitab Allah Swt. Kitab-kitab yang diturunkan Allah Swt adalah petunjuk bagi manusia yang diturunkan kepada setiap rasul.

Banyak ulama berpendapat bahwa setiap rasul memiliki kitab sendiri-sendiri yang bertujuan untuk meneguhkan kerasulan mereka.

Meski demikian, kita sebagai orang yang beriman hanya diwajibkan mengimani beberapa kitab Allah, seperti yang dijelaskan dalam Kitab Kifayatul Awam karya Syekh Ibrahim Al-Bajuri Tahqiq, di antaranya:

1. Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa as

2. Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa as

3. Kitan Zabur diturunkan kepada Nabi Dawud as

4. Kitab Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw

Diturunkannya kitab-kitab di atas tentu bukan tanpa sebab. Allah Swt memiliki alasan mengapa manusia diberi pedoman hidup meski pada dasarnya manusia telah diberi akal oleh Allah Swt.

Keterbatasan manusia dalam mengetahui segala sesuatu menjadi salah satu alasannya. Allah Swt lebih mengetahui bahwa apabila manusia diberi kebebasan sepenuhnya tanpa pedoman, maka yang terjadi adalah perbedaan cara mendefinisikan sesuatu yang justru akan membuat kekacauan, baik ketika hidup di dunia hingga akhirat.

Lantas, jika kita umat Nabi Muhammad saw telah diberi kitab Al-Qur'an, bagaimana cara mengimani kitab-kitab lainnya?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengimaninya, menurut pandangan para ulama.

1. Kita harus mengimani bahwa kitab-kitab Allah yang diturunkan itu benar-benar dari Allah Swt

2. Hafal nama-nama kitab di atas, termasuk kepada siapa kitab itu diturunkan

3. Memercayai berita-berita yang terkandung di dalam kitab Al-Qur'an maupun kitab-kitab terdahulunya

4. Mengamalkan hukum-hukum yang tidak dihapus dari kitab terdahulu serta ridha dan tunduk menerimanya, baik kita mengetahui hikmahnya maupun tidak (Syarh Ushuulil Iman, halaman 30).

Itulah empat kitab Allah Swt yang wajib kita imani dan beberapa cara mengimaninya. Semoga Allah Swt selalu memberi petunjuk kepada kita semua. 

Related

Moslem World 3360816531728065335

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item