Mewaspadai Jebakan Loser Effect yang Bikin Kita Gagal Terus


Ada salah satu bias kognitif yang lazim dikenal dalam dunia psychology of finance, yakni Winner Effect/Loser Effect.

Winner effect terjadi saat seseorang bisa meraih sukses dan kemenangan secara beruntun dan makin besar, karena disebabkan sukses pertama yang dia raih, betapa pun kecilnya sukses ini.

Kenapa itu terjadi? Sebab sukses awal yang terjadi itu membuat dia merasa makin percaya diri. Kemenangan atau sukses awal itu juga bisa membuat dia punya sumber daya lebih baik – misal sumber dananya makin banyak karena sukses awal ini.

Semua hal tersebut kemudian membuat dia bisa meraih sukses kedua. Dan kemudian sukses kedua juga akan membuat dia makin percaya diri, makin optimis, makin resourceful, makin banyak uangnya, dan akhirnya bisa meraih sukses ketiga. Demikian seterusnya.

Itulah yang disebut Winner Effect. Atau success breeds success. Sebuah sukses cenderung akan melahirkan rentetan sukses berikutnya.

Itulah kenapa misalnya, orang yang kaya biasanya akan makin kaya (sebab kesuksesan dia pada tahap sebelumnya akan memudahkan dia meraih sukses berikutnya). Atau kenapa orang yang sukses dalam bisnis awal yang dia lakukan, akan memudahkan dia melakukan ekspansi dan meraih sukses berikutnya.

Uraian di atas adalah tentang winner effect. Lalu bagaimana dengan loser effect?

Loser Effect adalah kebalikan dari kondisi di atas. Siklus loser effect bisa digambarkan seperti berikut ini. Saat pertama kali melakukan petualangan keuangan (misal melakukan investasi bisnis, atau investasi lainnya), orang ini mengalami kegagalan atau kerugian awal.

Kerugian dan kegagalan itu membuat rasa percaya dirinya anjlok. Demikian juga dengan sumber dananya yang hilang karena mengalami kerugian. Akhirnya, pelan-pelan motivasi, harapan, dan keyakinannya makin melemah.

Dan karena rasa percaya diri dan keyakinan makin menurun, ia jadi trauma dan makin takut untuk melakukannya lagi. Nasibnya jadi tetap stagnan.

Karena nasibnya stagnan, ia merasa makin gagal. Dan karena merasa gagal, rasa percaya dirinya makin anjlok. Ia tidak lagi mempunyai motivasi untuk mengubah nasib. Akhirnya, nasib hidupnya benar-benar terpuruk.

Siklus loser efect seperti di atas menciptakan lingkaran setan kegagalan yang kelam. Dan inilah yang kemudian akan membuat orang stuck selamanya. Nasibnya stagnan dalam jangka panjang.

Dari uraian di atas, kita melihat winner effect ataupun loser effect mengandung elemen psikologis.

Saat meraih kemenangan dan sukses, pencapaian ini memberikan efek psikologis berupa makin meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian mengambil risiko demi merebut peluang. Efek peningkatan rasa percaya diri dan keberanian mengambil risiko ini pada gilirannya membuat dia makin leluasa meraih sukses berikutnya.

Sebaliknya, efek psikologis yang tercipta saat mengalami kegagalan atau kekalahan (loser effect) adalah menurunnya rasa percaya diri dan makin takut mengambil risiko (karena perasaan traumatik mengalami kegagalan). Selanjutnya, karena rasa percaya diri kian anjlok dan bayangan traumatis kegagalan, makin berat baginya untuk bergerak maju dan melakukan upaya perbaikan nabib.

Ada sebuah kalimat heroik yang memotivasi, bunyinya: agar sukses, maka jika Anda gagal 7 kali, Anda harus bisa bangkit 8 kali.

Kalimat di atas mungkin sah saja untuk memotivasi diri kita. Namun ternyata berdasar the science of human behavior, kalimat itu tidak mudah dijalani.

Dari uraian tentang loser effect, kita paham saat kita mengalami sebuah kegagalan, maka sungguh tak mudah untuk bangkit kembali. Apalagi jika harus gagal sampai 7 kali. Tanpa jiwa resiliensi yang ekstra kuat, rasa percaya diri, harapan dan keyakinan pasti akan anjlok jika harus mengalami kegagalan berulang kali.

Berdasar studi saintifik yang acap dilakukan, orang yang mengalami kegagalan cenderung akan tetap stagnan hidupnya. Dan karena tekanan loser effect, hidup yang stagnan ini biasanya akan berlangsung hingga akhir hayat. Sebuah realitas kelam yang layak kita renungkan.

Related

Inspiration 8426560910201502684

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item