Viral, Seorang Gadis Mengaku Dinikahi Habib Bahar, Benarkah?


Habib Bahar Smith kembali menggegerkan dunia maya. Setelah lebih dari sebulan, kasus penembakan Habib Bahar Smith tak terdengar, kini kembali heboh pengakuan seorang gadis yang menyebut dirinya telah dinikahi oleh pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Tajul Alawiyyin di Kemang tersebut. 

Video pengakuan itu diunggah oleh akun TikTok @marisa_bahar. Dalam video tersebut, terdapat seorang pria diduga pembuat video, ibu gadis, dan gadis bernama Marisa (16). Dalam narasi yang diceritakan pria tersebut, gadis bernama Marisa hilang kontak selama seminggu. Menurut keterangan Ibunya, Marisa mengaku telah dinikahi Habib Bahar. 

"Iya benar (dinikahi Habib Bahar). Awalnya saya pulang kerja dari bengkel, di Depok. Sepulang saya kerja, Umi Jua (majikan yang sebelumnya) menawarkan menjadi ART tetapi malah bekerja di bengkel," kata gadis yang mengaku bernama Marisa. 

Lantas Marisa pun bekerja di bengkel sudah selama 3 minggu. Saat pulang kerja, tiba-tiba Marisa ditawari Umi Jua untuk ikut ke pesantren Habib Bahar. 

"Jadi berangkatlah habis Isya jam 8 malam (ke pesantrem Habib Bahar). Niatnya kesana adalah ngaji. Ternyata sesampainya disana Habib Bahar nggak ada di rumah (pesantren)," ujar Marisa. 

Tapi saat Habib Bahar tak ada, Umi Jua tak mau diajak Marisa pulang. Akhirnya keduanya menginap di mobil (di sekitar pesantren). 

"Pagi saat sudah bangun, Marisa bilang ke Umi, tolong pesenin grab, Marisa mau pulang, mau kerja soalnya kemarin disuruh masuk. Tapi Umi bilang sudah diizinkan tidak masuk oleh bengkel," ujar Marisa. 

Lantas bertemulah Marisa dengan Habib Bahar. Lantas Marisa ditanyai oleh Habib Bahar soal kerjaan hingga ditawari kerja sebagai penjaga anak. 

"Trus kata Habib Bahar, 'mau nggak Marisa nikah sama Habib Bahar'. Ditawarin menikah langsung Habib Bahar, baru pertama kali melihat, baru pertama kali kenal juga. Jawaban Marisa 'mau izin dulu ke keluarga Marisa yang ada di Cianjur. Ada ibu ada abang juga, masih ada saudara-lah'.” 

Lantas kata Marisa, Habib membolehkan dia untuk izin orang tua terlebih dulu. Bahkan Habib meminta agar menyambungkan telepon dengan orang tua Marisa. Namun saat Marisa hendak pinjam hp Umi, tak diperbolehkan.

"Habib Bahar pinginnya sekarang, malam Rabunya langsung nikah. Tanpa sepengetahuan orang tua gara-gara nggak ada hp. Jadi yang salah ya Umi Jua juga karena tidak penting izin orang tua," ujar Marisa. 

Akhirnya Marisa mengaku jika pernikahan tetap terjadi. "Pernikahan terjadi, karena kepinginnya Habib Bahar, pingin malam Rabu juga. Yang menjadi wali, hakim. Saksi juga ada," kata Marisa. 

"Pernikahan di taman, di belakang pesantren. Tidak ada istri yang menyaksikan karena ada halangan," imbuh Marisa. 

Di video lainnya, Marisa diduga didampingi kuasa hukumnya. Dalam video itu, Marisa ditanya soal umur, dan mengaku usianya masih 16 tahun. Sehingga dinilai masih gadis di bawah umur. 

Lantas pria yang mengaku sebagai kuasa hukum Marisa menyebut jika dirinya akan meminta klarifikasi dari pihak Habib Bahar. Yakni dengan memberikan somasi untuk klarifikasi soal kebenaran kejadian ini. 

"Jika somasi tidak membalas, kita kenakan UU 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak. Menurut UU tersebut menikah dengan anak di bawah umur, hukuman pidananya 15 tahun. Apalagi ini tanpa persetujuan orang tua," jelas pria yang menyebut tim kuasa hukum Marisa. 

Sontak unggahan itu menyita perhatian publik. Hingga Jumat (14/7/2023) pukul 15.23 WIB, video tersebut dilihat sebanyak 251 ribu kali, disukai 3,4 ribu dan dikomentari 1,1 ribu pengguna. 

Ada beberapa warganet yang mengaku tak percaya dengan pernyataan gadis bernama Marisa tersebut.

"Ditunggu episode selanjutnya bos, biar saya gak gagal paham, anak di bawah umur, masih sekolah, nyari kerja, jujur q belum paham," @ferguso****. 

"Gak percaya bang," @AbyPra******. 

Namun ada juga warganet lainnya yang meminta agar diusut soal kebenaran pengakuan Marisa tersebut. 

"Bapak, jika korban sudah mengakuinya dan undang2 anak di bawah umur itu khusus tentunya dan jika sudah ada pidananya itu wajib untuk laporkan saja," @konyik1j***. 

Diketahui sebelumnya, Habib Bahar telah menikah dengan seorang Syarifah bermarga Aal Balghaits bernama Fadlun Faisal Balghoits pada tahun 2009. Dari pernikahannya dengan Fadlun, Bahar dikaruniai empat anak. Di antaranya, Sayyid Maulana Malik Ibrahim bin Smith, Syarifah Aliyah Zharah Hayat Smith, Syarifah Ghaziyatul Gaza Smith, dan Sayyid Muhammad Rizieq Ali bin Smith. 

Related

News 485795336679896223

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item