Wanita Kaltim Pakai Krim Pemutih, Wajahnya Malah Gosong


Krim abal-abal merkuri dengan iming-iming hasil instan di beragam lapak online memang menggiurkan. Bagaimana tidak, di awal pemakaian, kulit wajah langsung mulus seketika bak tiada pori-pori.

Namun, efek jangka panjang yang kerap tidak disadari konsumen juga tidak main-main. Seperti yang dialami Tya, wanita 30 tahun asal Kalimantan. Ia menyesal wajahnya kini berakhir 'gosong' akibat flek hitam muncul hampir di seluruh wajahnya.

"Asal pakai, ya waktu itu mukanya memang putih. Tapi di tahun kedua sudah mulai keluar flek hitam," jelasnya. "Sampai muncul hitamnya itu sekitar satu tahun setelah mulai perlahan berhenti." 

Efek merkuri yang semakin buruk disebutnya juga karena paparan sinar matahari terlalu intens, di tengah keseharian pekerjaan luar ruangan. Terlebih, ia juga tidak pernah menggunakan sunscreen.

Ia menyebut kondisi yang dialaminya adalah okronosis. Okronosis adalah kondisi yang ditandai adanya pigmentasi jaringan ikat, ligamen, tulang rawan, kulit.

Pemicu okronosis beragam macam, mulai dari konsumsi obat seperti quinacrine dan quinine, penumpukan fenol (asam karboksilat) untuk mengobati ulkus kaki, serta penggunaan zat hydroquinone yang berlebihan.

Setelah berkonsultasi dengan sejumlah dokter, pemicu okronosis dipastikan berkaitan dengan krim abal-abal dengan kandungan merkuri tinggi.

Merasa menyesal, Tya berpesan kepada masyarakat agar selalu memerhatikan skincare yang dipakai berdasarkan resep dokter atau persetujuan BPOM RI.

Kondisi wajah menggosong yang dialami Tya juga tidak bisa langsung hilang dalam waktu sebentar. "Butuh proses panjang, karena dokter sebut kulit harus dibuat tenang dulu," kata dia.

"Sekarang pakai obat dari dalam yang diresepkan dokter sama serangkaian produk dokter juga," terang dia.

Related

News 6668810470793129907

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item