Kini Semua Orang Bisa Dapat Subsidi Motor Listrik Rp 7 Juta


Pemerintah melonggarkan aturan program subsidi motor listrik demi mendorong percepatan elektrifikasi di Indonesia. Kini semua masyarakat bisa memperoleh subsidi motor listrik sebesar Rp 7 juta.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan, nantinya pada skema baru yang sedang disusun pemeriksaan, pembelian motor listrik akan didasarkan pada Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP. Setiap satu KTP dapat membeli satu motor listrik.

"Jadi apa berkaitan dengan requirement atau syarat yang sebelumnya ditetapkan, itu nanti akan kita hapuskan, jadi yang mendapat bantuan pemerintah untuk pembelian kendaraan roda dua berbasis NIK atau KTP, 1 KTP itu cuma boleh beli 1 motor listrik," ungkap Agus di Kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, persyaratan mendapatkan subsidi motor listrik ada empat. Mulai dari penerima KUR, penerima bantuan upah kerja di bawah Rp 3,5 juta, pengguna listrik di bawah 900 VA, dan penerima bantuan sosial (bansos). Nah syarat ini akan dihilangkan.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia juga mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, ada wacana pemerintah menerapkan syarat baru pembelian motor listrik berupa penggunaan NIK pada tiap KTP.

"Kelihatannya untuk ke depan akan dibuka untuk umum. Kita tadi pertimbangkan setiap satu KTP, satu motor listrik. Ada pertimbangan seperti itu," ujar Bahlil di tempat yang sama.

Sementara itu, untuk insentif mobil listrik nampak tak akan banyak perubahan. Kembali ke Agus, dia mengatakan pada pembelian mobil listrik baru, pemerintah hanya akan memberikan PPN sebesar 1%, 10% lainnya dibayarkan pemerintah.

"Untuk PPN DTP 1% untuk roda empat kita lihat setelah adanya kebijakan pemerintah, saya rasa naik menjadi 174% untuk mobil listrik roda empat dimana pesertanya baru Wuling dan Ioniq 5 (Hyundai), nah kalau evaluasinya nanti pemerintah akan melihat bagaimana mempermudah termasuk restitusi, itu juga yang kedua," ungkap Agus.

Related

News 1466137144076713361

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item