Penemuan Ratusan Makam Bayi di Ponpes Al Zaytun Ternyata Hoax


Sebuah konten di media sosial memuat narasi soal penemuan ratusan makam bayi di Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat. Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta, konten tersebut tidak benar atau hoaks. 

Narasi yang beredar 

Konten berisi klaim soal penemuan ratusan makam bayi di Ponpes Al Zaytun dibagikan di TikTok. Berikut narasi yang dibagikan: GEMPAR...!!! Ratusan Makam Bayi Ditemukan Pekerja Saat Bersih2 DiPerkebunan Al Zayitun Indramayu ratusan tulang bayi aborsi. 

Narasi itu disematkan pada video berdurasi 2 menit 18 detik yang telah ditonton lebih dari 11.700 kali dan mendapatkan lebih dari 400 likes. Dalam video itu, tampak sejumlah orang berdiri di lahan perkebunan. Satu orang berbaju oranye terlihat memeriksa tanah. 

Penelusuran 

Setelah ditelusuri menggunakan teknik reverse image search, ditemukan bahwa klip itu bukan penemuan makam bayi di Ponpes Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat. Klip itu dicatut dari YouTube KompasTV dan dibagikan ulang dengan narasi menyesatkan. 

Klip asli diunggah pada 2 Juli 2023, dengan judul "Temuan Baru Kerangka Bayi, Kuburan ke-6 Ditemukan Tak Jauh dari Penemuan Kerangka Pertama!". 

Berikut deskripsi video yang dicantumkan: Kerangka bayi hasil inses ayah dengan anak kandungnya kembali ditemukan Tim Inafis Polresta Banyumas di pekarangan warga di Kelurahan Tanjung, Banyumas, Jawa Tengah. Ini mejadi kerangka bayi ke-6 yang ditemukan oleh tim penggali. 

Kuburan ke-6 ini ditemukan berjarak sekitar 1-2 meter dari tempat penemuan kerangka pertama. Setelah melakukan pemeriksaan sementara dan olah TKP, temuan tersebut oleh Tim Inafis Polresta Banyumas dibawa ke Rumah Sakit Margono Purwokerto untuk diperiksa oleh dokter forensik. 

Meski telah ditemukan 6 kerangka, polisi masih terus mencari kerangka lain dari kasus pembunuhan bayi oleh ayah kandung. Pasalnya, menurut pengakuan pelaku, ia telah membunuh dan mengubur 7 bayinya. 

Kesimpulan 

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta, konten soal penemuan ratusan makam bayi di Ponpes Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat, adalah hoaks. Klip yang dibagikan di TikTok dicatut dari konten YouTube KompasTV, 2 Juli 2023. 

Klip asli adalah video penemuan kerangka bayi hasil inses ayah dengan anak kandungnya. Kerangka itu ditemukan oleh Tim Inafis Polresta Banyumas di pekarangan warga di Kelurahan Tanjung, Banyumas, Jawa Tengah.

Related

News 6097906238829151881

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item