Gus Mus: Ada Kiai Hampir Jadi Wali Tiba-tiba Jadi Pemimpin Tim Sukses


Ulama yang juga budayawan, KH A. Mustofa Bisri (Gus Mus), mengaku tak habis pikir menyaksikan perilaku para tokoh – termasuk tokoh agama – dalam tahun politik ini.

“Ada kiai sudah hampir jadi wali, tiba-tiba pindah profesi jadi pemimpin tim sukses,” kata Gus Mus dalam bahasa Jawa yang disambut tawa para jemaah pengajian. Pernyataan Gus Mus itu terekam dalam video yang kini beredar luas.

“Ya begitulah,” kata Gus Mus kemudian. Lagi-lagi pernyataan Gus Mus disambut gelak tawa jemaah yang hadir.

Netizen pun menebak-nebak. Siapa kira-kira ulama yang dimaksud Gus Mus. Mereka bahkan ada yang menyebut beberapa nama ulama dan habib tertentu yang dianggap mendekati pangkat kewalian tapi kemudian masuk tim pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Gus Mus selama ini memang sangat kritis, baik pada ulama maupun pada pemerintah yang dianggap tak sesuai dengan undang-undang atau konstitusi. Bahkan dalam puisinya, Gus Mus menulis ada republik rasa kerajaan.

Related

News 4417633306290808241

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item