Toyota GR Yaris Bertransmisi Otomatis Akan Rilis di Januari 2024?


Toyota GR Yaris bertransmisi otomatis dirumorkan bakal meluncur di pameran otomotif Tokyo Auto Salon, Tokyo, Jepang, pada 12-14 Januari 2024. Selama ini, model yang diproduksi dari basis mobil reli GR Yaris WRC ini hanya memiliki pilihan transmisi manual. 

Mengutip laporan media Jepang, Max X, Toyota bekerja menyiapkan transmisi otomatis delapan-percepatan yang disebut GR-DAT atau Direct Auto Transmission. 

Transmisi ini sudah diaplikasikan di prototipe GR Yaris untuk balapan. Selanjutnya, akan dipasang di model produksi GR Yaris RZ-H. Nah, model inilah yang akan diperkenalkan di Tokyo Auto Salon. 

Bos Toyota, Akio Toyoda, menyebut transmisi otomatis ini mampu membantu mobil balap lebih mudah untuk mencatat waktu tercepat di lintasan. Toyoda mengujinya bersama pembalap profesional Jepang, Hiroaki Ishiura. 

"Di lintasan balap, transmisi otomatis reguler lebih licin karena alasan mekanik. Tramsini otomatis terbaru D-DAT memiliki performa yang lebih baik," kata Ishiura kepada Toyota Times. 

Selain itu, Toyota juga dikabarkan tengah menyiapkan dua model GR Yaris edisi terbatas untuk merayakan kesuksesan di ajang Kejuaraan Dunia Reli (WRC). Dua GR Yaris edisi terbatas itu adalah Oiger Edition dan Rovanpara Edition. Keduanya merujuk pada nama pereli Sebastian Ogier dan Kalle Rovanpara yang menjadi pembalap untuk Toyota Gazoo Racing. 

Pengembangan mobil GR Yaris edisi terbatas ini juga dibantu oleh kedua pembalap tersebut  GR Yaris edisi terbatas ini dijadwalkan debut sebelum Reli Monte Carlo digelar pada 24-28 Januari 2024. Kabarnya, hanya akan ada 100 unit GR Yaris Limited Edition yang akan diproduksi.

Related

Automotive 2179159199356723655

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item