Isu Pilpres Satu Putaran Ternyata Sudah Muncul Sejak Lama (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Isu Pilpres Satu Putaran Ternyata Sudah Muncul Sejak Lama - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Publik dirugikan

Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Nurlia Dian Paramita, mengatakan anggaran pemilu yang dibatasi satu putaran pilpres dapat merugikan masyarakat.

“Jangan sampai, citra para pihak yang terkesan belum mempersiapkan anggaran putaran kedua adalah diduga sebagai modus voter suppression (penindasan terhadap hak pilih masyarakat) yang terjadi pada pelaksanaan pemilu tahun 2024,” kata Mita—sapaan Nurlia Dian Paramita.

Pada prinsipnya, kata Mita, pemerintah dan DPR berkewajiban menetapkan alokasi anggaran pemilu sampai tuntas. Artinya harus ada kepastian seluruh pembiayaan pemilu. “Saya kira amanat konstitusi sangat jelas bahwa itu adalah tanggung jawab Presiden dan DPR,” kata Mita.

Peluang pilpres putaran kedua

Kata Mita, dalam pemilu di Indonesia, putaran kedua berpotensi sangat besar jika diikuti lebih dari dua pasangan capres-cawapres. Dalam perkembangan politik dewasa ini yang sudah nampak di publik adalah tiga capres: Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Berdasarkan Pasal 6A UUD 1945 khususnya ayat (3) dan ayat (4), capres-cawapres terpilih pada intinya harus mendapatkan suara lebih dari 50% yang tersebar minimal 20% di setiap provinsi yang tersebar lebih dari setengah jumlah provinsi.

Jika syarat ini tidak tercapai, maka dilaksanakan putaran kedua. Pilpres putaran kedua diikuti capres-cawapres yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua.

“Potensi dua putaran tersebut saya kira sudah dapat diprediksi setelah penetapan capres-cawapres [oleh KPU] yang dilakukan pada 13 November 2023,” lanjut Mita.

Pilpres dua putaran sebelumnya pernah terjadi pada Pemilu 2004. Pada putaran pertama diikuti lima pasangan capres-cawapres. Lalu, putaran kedua tersisa pasangan Megawati Soekarnoputri-Hasyim Muzadi dengan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla—pasangan yang kemudian menang pemilu.

“Artinya jika pemilu 2024 terdapat dua putaran dan bermasalah terhadap anggarannya maka ini patut diduga ada unsur kesengajaan yang mencoba mengabaikan amanat konstitusi,” kata Mita.

Persoalannya makin rumit, karena dalam Peraturan KPU tentang Tahapan dan Jadwal Pemilu 2024, tahapan pilpres putaran kedua dimulai dengan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih pada 22 Maret – 25 April 2024.

Dengan kata lain, penyelenggara pemilu akan berkejaran dengan waktu untuk mempersiapkan putaran kedua setelah putaran pertama 14 Februari 2024. 

Jika anggaran pilpres putaran kedua tidak segera disiapkan maka akan berdampak pada kesiapan penyelenggara dalam melaksanakan tahapan putaran kedua. Lalu, kesiapan logistik pemilu putaran kedua yang akan berpengaruh terhadap penggunaan hak pilih masyarakat, kata Mita.

Di sisi lain, Anggota KPU, Yulianto Sudrajat mengatakan pihaknya membutuhkan anggaran Rp17,3 triliun yang rencananya digunakan untuk belanja kegiatan pilpres kedua.

“Hasil pembahasan dengan Kementerian Keuangan dan Bapennas bahwa setelah ada putaran kedua Pilpres, maka akan dialokasikan dalam Dipa (daftar isian pelaksanaan anggaran) KPU 2024 kekurangan anggaran tersebut,” kata Yulianto dalam keterangan tertulis, Kamis (14/09).

Apa kata Presiden Joko Widodo?

Sebelumnya, Presiden Jokowi angkat bicara mengenai polemik anggaran Pemilu 2024. “Kalau satu putaran, ya satu putaran. Kalau dua putaran, ya dua putaran,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan, Rabu (14/09).

Terkait kebutuhan tersebut, mantan gubernur DKI Jakarta itu meminta menanyakannya kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani. ”Ya, tanya Menteri Keuangan, pasti disiapin,” kata Presiden Jokowi.

Namun, Direktur Puskapol di Universitas Indonesia, Hurriyah menilai pernyataan ini sebenarnya tidak perlu dan “ambigu”.

“Jangan sampai persoalan politik anggaran ini dimainkan. Kalau kebutuhan anggarannya tidak memadai di tengah jalan, ini yang berbahaya,” katanya.

Related

News 5911648000044104124

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item