Biografi Lengkap Agatha Christie, Penulis Novel Kriminal (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Biografi Lengkap Agatha Christie, Penulis Novel Kriminal - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Cerita pendek lainnya, kebanyakan menggambarkan ketertarikannya pada spiritualisme dan paranormal. Karyanya tersebut antara lain The Call of Wings dan The Little Lonely God. Majalah menolak semua kiriman karya awalnya yang dibuat dengan nama samaran (termasuk Mac Miller, Nathaniel Miller, dan Sydney West). Beberapa dari karyanya kemudian direvisi dan diterbitkan dengan nama aslinya, sering kali dengan judul yang baru.

Pada waktu yang bersamaan, Christie mulai mengerjakan novel pertamanya yang berjudul Snow Upon the Desert. Untuk karyanya tersebut ia menulis dengan nama samaran Monosyllaba, novel tersebut bercerita di Kairo dengan memanfaatkan pengalamannya berada di sana. Dia kecewa ketika enam penerbit yang dia hubungi menolak novel itu. 

Clara menyarankan agar putrinya meminta nasihat dari novelis Eden Phillpotts yang juga teman dan tetangganya. Phillpotts menanggapi permintaanya, mendorongnya untuk menulis, dan mengiriminkan surat pengantar untuk Christie kepada agennya sendiri, Hughes Massie. Massie juga menolak Snow Upon the Desert tetapi menyarankan untuk menulis novel keduanya.

Christie menyibukan diri dengan berpesta, berkuda, berburu, menari, dan juga bersepatu roda. Pada Oktober 1912, dia diperkenalkan dengan Archibald "Archie" Christie pada sebuah acara tari yang diadakan oleh Lord dan Lady Clifford di Ugbrooke yang berlokasi sekitar 12 mil (19 kilometer) dari Torquay. 

Archie adalah anak seorang pengacara di Dinas Sipil India, ia adalah seorang perwira militer yang bertugas di Korps Penerbang Kerajaan Inggris pada April 1913. Tiga bulan setelah pertemuan pertama mereka, Archie melamarnya dan Christie menerima lamarannya.

Dengan pecahnya Perang Dunia I pada Agustus 1914, Archie dikirim ke Prancis untuk berperang. Archie kemudian mengambil cuti dan mereka menikah pada Malam Natal 1914 di Gereja Emmanuel, Clifton, Bristol yang berlokasi dekat dengan rumah ibu dan ayah tirinya. 

Setelah naik pangkat, ia ditugaskan kembali ke Inggris pada September 1918 sebagai kolonel di Kementerian Udara. Christie membantu sebagai anggota Voluntary Aid Detachment yang merupakan bagian dari Palang Merah. 

Dari Oktober 1914 hingga Mei 1915, dan juga dari Juni 1916 hingga September 1918, ia bekerja selama 3.400 jam di Rumah Sakit Palang Merah Balai Kota Torquay, pertama sebagai perawat (tidak dibayar) kemudian sebagai dispenser dan dibayar sebesar £ 16 (kira-kira setara dengan £ 900 di 2019) setelah memenuhi persyaratan sebagai asisten apoteker. 

Ia kemudian berhenti dari posisi tersebut pada September 1918 ketika Archie dipindahkan ke London, dan mereka menyewa sebuah apartemen di St John's Wood.

Christie adalah seorang penggemar novel detektif, termasuk The Woman in White dan The Moonstone karya Wilkie Collins, dan juga Sherlock Holmes karya Arthur Conan Doyle. Dia menulis novel detektif pertamanya yang berjusul Misteri di Styles pada 1916. Novel itu menampilkan Hercule Poirot, mantan petugas polisi Belgia dengan "kumis yang luar biasa" dan kepala "persis seperti telur". 

Poirot diceritakan telah memilih untuk berlindung di Inggris setelah Jerman menginvasi Belgia. Inspirasi Christie untuk karakter tersebut datang dari pengungsi Belgia yang tinggal di Torquay, dan tentara Belgia yang dia bantu saat ia bertugas sebagai perawat sukarela selama Perang Dunia I. 

Naskah aslinya ditolak oleh Hodder & Stoughton dan juga Methuen. Setelah melakukan pengajuan selama beberapa bulan, John Lane dari The Bodley Head memutuskan untuk menerima naskahnya, asalkan Christie mengubah cerita bagaimana solusinya terungkap. Dia setuju dan kemudian menandatangani kontrak yang mengikatkan untuk lima buku berikutnya dengan The Bodley Head. Ia kemudian merasa bahwa ia dieksploitasi. Novel tersebut diterbitkan pada 1920.

Christie melahirkan anak satu-satunya yang bernama Rosalind Margaret Clarissa, pada Agustus 1919 di Ashfield. Archie meninggalkan Angkatan Udara pada akhir perang dan mulai bekerja di kota dalam sektor keuangan dengan gaji yang relatif rendah. Mereka masih mempekerjakan seorang pembantu. 

Novel keduanya yang berjudul Musuh Dalam Selimut (1922), menampilkan pasangan detektif baru Tommy dan Tuppence. Novel tersebut diterbitkan oleh The Bodley Head dan ia berhasil mendapatkan £ 50 (kira-kira setara dengan £ 2.800 pada 2019) untuk karyanya tersebut. Novel ketiganya yang berjudul Lapangan Golf Maut, kembali menampilkan Poirot. Setalah itu, ia tidak lagi mengalami kesulitan untuk menjual karyanya.

Pada 1922, Christie dan suaminya mengikuti tur promosi keliling dunia untuk Pameran Kerajaan Inggris, yang dipimpin oleh Mayor Ernest Belcher. Meninggalkan putri mereka bersama ibu dan saudara perempuan Christie. Selama sepuluh bulan mereka melakukan perjalanan ke Afrika Selatan, Australia, Selandia Baru, Hawaii, dan Kanada. Mereka belajar berselancar di Afrika Selatan dan juga di Waikiki.

Ketika mereka kembali ke Inggris, Archie kembali bekerja dan Christie terus menulis karya-karya lainya. Setelah tinggal di serangkaian apartemen di London, mereka membeli sebuah rumah di Sunningdale, Berkshire.

Ibu Christie, Clarissa Miller, meninggal pada April 1926. Kematiannya membuat Christie mengalami depresi berat. Pada Agustus 1926, laporan muncul di media bahwa Christie telah pergi ke sebuah desa dekat Biarritz untuk memulihkan diri dari "kerusakan" yang disebabkan "kerja berlebihan".

Menghilang: 1926

Pada Agustus 1926, Archie meminta cerai dari Christie. Archie telah jatuh cinta dengan Nancy Neele, seorang teman dari Mayor Belcher. Pada 3 Desember 1926, Archie dan Christie bertengkar setelah Archie memberitahu rencananya untuk menghabiskan akhir pekan dengan teman-temannya tanpa dirinya. 

Pada malam itu, Christie menghilang dari rumah mereka. Keesokan paginya, mobilnya ditemukan di Newlands Corner, diparkir di atas tambang kapur dengan pakaian dan SIM yang sudah habis masa berlakunya.

Kejadian tersebut dengan cepat menjadi berita, karena pers berusaha memuaskan "rasa lapar akan sensasi, bencana, dan skandal" untuk pembacanya. Menteri dalam negeri William Joynson-Hicks menekan polisi untuk memecahkan kasus tersebut. Selain itu, sebuah surat kabar menawarkan hadiah £100 (kira-kira setara dengan £6.000 pada 2019) untuk yang berhasil memecahkan kasus tersebut. 

Lebih dari 1.000 petugas polisi, 15.000 sukarelawan, dan beberapa pesawat terbang memeriksa pedesaan untuk mencarinya. Sir Arthur Conan Doyle juga berusaha membantu untuk menemukannya. Hilangnya Christie ditampilkan di halaman depan The New York Times. 

Meskipun dengan pencarian yang ekstensif, dia tidak ditemukan selama sepuluh hari kedepan. Pada 14 Desember 1926, dia diketahui berada di Swan Hydropathic Hotel di Harrogate yang berlokasi di Yorkshire, mengunakan nama Nyonya Tressa Neele (nama keluarga kekasih suaminya). Keesokan harinya, Christie pergi ke kediaman saudara perempuannya di Abney Hall, Cheadle, di mana dia diasingkan "di aula yang dijaga, gerbang dikunci, telepon terputus, dan menolak telepon yang masuk".

Otobiografi Christie tidak membahas tentang kejadian tersebut. Dua dokter kemudian mendiagnosisnya dengan "kehilangan ingatan yang tidak perlu dipertanyakan lagi", tetapi masih ada pendapat yang berbeda mengenai alasan mengapa ia menghilang. Termasuk penulis biografinya Morgan, percaya dia menghilang dikarenakan fugue.

Penulis Jared Cade menyimpulkan bahwa Christie merencanakan kejadian tersebut untuk mempermalukan suaminya, tetapi tidak mengantisipasi melodrama publik yang dihasilkan. Penulis biografi Christie, Laura Thompson, memberikan pandangan alternatif bahwa Christie menghilang karena gangguan jiwa, sadar akan tindakannya tetapi tidak dalam kendali atas dirinya sendiri. 

Reaksi publik pada saat itu sebagian besar negatif, beranggapan aksinya adalah upaya untuk menjebak suaminya atas pembunuhan.

Baca lanjutannya: Biografi Lengkap Agatha Christie, Penulis Novel Kriminal (Bagian 3)

Related

Figures 4694063649358388009

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item