Cara Mengatasi Copyright di Instagram untuk Content Creator

Cara mengatasi copyright di Instagram perlu dipahami setiap kreator konten, agar unggahan yang dihasilkan bisa optimal dan tetap orisinal. C...


Cara mengatasi copyright di Instagram perlu dipahami setiap kreator konten, agar unggahan yang dihasilkan bisa optimal dan tetap orisinal. Copyright atau hak cipta menjadi salah satu cara untuk melindungi karya yang diunggah seseorang.

Agar dianggap orisinal dan mendapatkan hak perlindungan tersebut, sebuah konten harus dibuat sendiri, dan harus memenuhi tingkat kreativitas minimal. Namun, tak jarang konten yang diunggah di Instagram terkena copyright otomatis yang diberlakukan sistem.

Hal tersebut bisa menjadi masalah karena menyebabkan akun yang dipakai akan dibatasi atau bahkan dinonaktifkan dari sistem. 

Sekilas tentang Copyright di Instagram

Instagram merupakan salah satu platfrom yang ketat dalam hak cipta. Hal ini bertujuan untuk menghormati hak intelektual pembuat konten asli. Jika pengguna mengunggah konten yang memiliki copyright, konten akan dihapus Instagram.

Inilah sebabnya pengguna perlu mengetahui cara mengatasi copyright di Instagram. Umumnya, konten yang terkena copyright bisa terjadi karena menggunakan lagu berbayar tanpa izin atau mengandung foto atau potongan video yang sudah memiliki copyright.

Menurut laman help.instagram.com, pengguna yang terkena masalah copyright akan menerima notifikasi dari Facebook atau Meta yang menyertakan nama dan alamat email pemilik konten asli.

Ini dinilai menganggu jika konten yang dibuat tak mengandung karya orang lain. Masalah tersebut disebabkan oleh sistem Instagram yang tak sengaja memindai konten secara otomatis dan menandainya sebagai konten copyright.

Setiap pengguna bisa mengajukan banding untuk mengatasi masalah tersebut. Bagaimana caranya? 

Cara Mengatasi Copyright di Instagram

Berikut cara mengatasi copyright di Instagram dengan mengajukan banding yang dirangkum dari laman Help Center Instagram.

Buka menu Notifikasi lalu klik pesan yang memberi tahu pengguna bahwa video atau konten yang telah diblokir, dibisukan, atau dihapus Instagram. Pastikan, laporan copyright tersebut melaporkan secara rinci alasan konten tersebut terkena copyright.

Baca pemberitahuan yang menyatakan bahwa pengguna benar-benar memiliki izin untuk membagikan semua yang ada di dalam video. Lanjutkan dengan mengeklik ‘I Agree’.

Klik tombol Appeal atau Banding untuk konten tersebut. Tunggu hingga 24 jam, jika konten pengguna sudah mengikuti aturan dan memiliki hak untuk menggunakan konten dengan copyright tersebut, Instagram akan memulihkan konten yang dibuat.

Khusus masalah copyright musik pengguna bisa menghindari hal tersebut dengan selalu memberikan kredit bila terindikasi menggunakan konten orang lain.

Pengguna juga bisa memodifikasi konten orang lain dengan membuat sedikit perubahan. Dengan begitu, konten tersebut akan melewati deteksi copyright otomatis. 

Pastikan juga untuk memiliki izin dari pemilik konten asli apabila ingin menggunakan karyanya dalam konten yang diproduksi.

Related

Internet 6743291712532367970

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item