Daftar Tarif Ceramah Ustaz di Indonesia, Siapa yang Terbanyak?


Ustaz Solmed menjadi sorotan usai besaran tarif ceramahnya pada 2013 silam sempat bocor. Saat itu, ia diketahui menerima undangan untuk berdakwah di Hongkong. Ia pun disebut mendadak menaikkan tarifnya.

Terlebih, tarif Ustaz Solmed kini membuat publik penasaran setelah sang pendakwah tersebut memamerkan rumah mewahnya yang mirip resort.

Awalnya diduga hanya pasang tarif jutaan rupiah menjadi belasan miliar rupiah. Besaran tersebut lantas membuat publik penasaran daftar tarif para ustaz di Indonesia. Apakah semuanya memiliki angka sefantastis itu?

Ustaz Solmed

Gaya ceramah suami April Jasmine itu seringkali disisipi candaan hingga bisa diterima oleh semua kalangan. Ustaz Solmed bahkan pernah menjadi juri acara-acara Islami ketika bulan Ramadan di beberapa stasiun televisi.

Adapun soal tarif dakwahnya yang bocor itu, Ustaz Solmed dan pihak panitia awalnya sepakat dengan bayaran sebesar 6 ribu dollar Hongkong atau setara Rp8 juta. Hal ini dikarenakan ia hanya ingin dibayar seikhlasnya.

"Dari awal memang dia (Ustaz Solmed) tidak minta bayaran, tapi seikhlasnya. Pihak panitia sepakat memberi 6 ribu dollar Hongkong," kata pemimpin majelis Thoriqul Jannah, Khalifah.

Namun, Ustaz Solmed mendadak berubah pikiran dengan menaikkan tarif hingga 10 juta dollar Hongkong atau sekitar Rp19,8 miliar. Selain itu, ia juga meminta empat tiket pesawat yang mulanya sepakat dua tiket pesawat.

"Solmed berubah pikiran dengan menaikan tarif 10 juta dollar Hongkong dan awalnya dua tiket lalu meminta 4 tiket pesawat," lanjut Khalifah.

UAS

Ustaz Abdul Somad atau yang juga akrab disapa UAS termasuk salah satu dai kondang di Indonesia. Ia sering diundang di berbagai acara penting, termasuk yang disiarkan di televisi. Ini karena gaya ceramahnya yang santai.

Cara penyampaian ceramah UAS dianggap mampu dipahami oleh seluruh kalangan. Ia juga melakukannya melalui kanal Youtube dengan penghasilan USD586-USD9.400 atau sekitar Rp8,2 juta sampai Rp132,3 juta per bulan.

Aa Gym

Aa Gym yang pernah menjadi idola pada awal tahun 2000-an. Meski begitu, saat ini dirinya juga masih mendapat tempat di hati banyak umat muslim. Sebab, gaya ceramahnya dianggap mampu membuat tenang.

Tak heran jika ia masih sering mengisi acara-acara dakwah di televisi. Aa Gym pun melakukannya melalui kanal YouTube yang diperkirakan memiliki penghasilan USD283-USD4.500 atau Rp4 juta-Rp63,3 juta per bulannya.

Ustaz Maulana

Ustaz Maulana dikenal memiliki pribadi yang kocak dan selalu memulai ceramah dengan slogan ‘jamaah, oh jamaah, alhamdulillah’. Atas dasar ini, popularitasnya sebagai dai kondang Tanah Air tidak perlu diragukan lagi.

Ia sempat rutin mengisi ceramah di salah satu acara televisi yang tayang setiap hari. Gaya ceramah Ustaz Maulana yang memasukkan unsur komedi membuat banyak orang tak bosan untuk mendengarkannya.

Pesan-pesan Islami yang diberikan juga diterima banyak orang dengan perasaan bahagia. Sementara itu, Ustaz Maulana disebut-sebut menerima tarif sebesar Rp25 juta untuk setiap tampil mengisi ceramah di acara televisi.

Ustaz Hannan Attaki 

Ustaz Hannan Attaki memiliki gaya bahasa yang mudah dicerna serta menggunakan isu terkini saat berceramah. Tak heran jika ia begitu disukai dan punya banyak penggemar, khususnya kalangan anak-anak muda.

Ia juga turut mengelola kanal YouTube sebagai sarana berdakwahnya. Adapun penghasilannya menurut Social Blade sekitar USD443-USD7.100. Jika  dirupiahkan, ia diperkirakan meraup Rp6,2 juta-Rp99,9 juta tiap bulannya.

Ustaz Adi Hidayat

Cuplikan ceramah Ustaz Adi Hidayat seringkali muncul di berbagai beranda platform media sosial. Oleh karena itu, popularitasnya sebagai salah satu penceramah kondang di Indonesia memang tak perlu diragukan lagi.

Ia pun membuat kanal YouTube untuk menyebarkan pesan-pesan Islami kepada banyak orang. Dari sana, Adi diperkirakan memiliki penghasilan sekitar USD361-USD5.800 atau setara dengan Rp5,1 juta-Rp81,6 juta per bulan.

Related

News 7768138783742930080

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item