Karya-karya Agatha Christie yang Diadaptasi ke Layar Lebar


Karya Agatha Christie telah diadaptasi untuk menjadi film layar lebar dan juga untuk televisi. Film pertamanya adalah film Inggris pada 1928 berjudul The Passing of Mr. Quin. 

Penampilan pertama Poirot adalah pada 1931 dalam film berjudul Alibi, yang dibintangi oleh Austin Trevor. Margaret Rutherford memerankan Marple dalam serangkaian film yang dirilis pada 1960-an. Christie menyukai aktingnya, tetapi menganggap film pertamanya sebagai "sangat buruk" dan film lainnya tidak lebih baik.

Dia merasa berbeda tentang film Murder on the Orient Express pada 1974, yang disutradarai oleh Sidney Lumet, yang menampilkan bintang-bintang besar dan nilai-nilai produksi yang lebih baik. Ia menghadiri pemutaran perdananya di London, yang menjadi salah satu acara publik terakhirnya. 

Pada 2016, film tersebut dirilis dengan versi barunya yang disutradarai oleh Kenneth Branagh, yang juga membintangi, mengenakan "kumis paling boros yang pernah dilihat penonton bioskop."

Adaptasi televisi Poirot oleh Christie (1989-2013) diperankan oleh David Suchet sebagai Poirot. Serial telivisi ini berjalan selama tujuh puluh episode untuk tiga belas seri. Film tersebut menerima sembilan nominasi penghargaan BAFTA dan memenangkan empat penghargaan BAFTA pada 1990-1992. 

Serial televisi Miss Marple (1984–1992), dengan Joan Hickson sebagai "Miss Marple yang tak tertandingi", mengadaptasi semua dua belas novel Marple. Serial televisi Prancis Les Petits Meurtres d'Agatha Christie (2009–2012, 2013–2020), mengadaptasi tiga puluh enam cerita karya Christie.

Buku-buku Christie juga telah diadaptasi untuk BBC Radio, serial permainan video, dan novel grafik.

Penggambaran

Pada 2004, BBC merilis Agatha Christie: A Life in Pictures, di mana ia diperankan oleh Olivia Williams, Anna Massey, dan Bonnie Wright (pada berbagai tahap dalam hidupnya). Pada 2013, ITV merilis The Mystery of Agatha Christie yang dipandu oleh David Suchet.

Beberapa penggambaran karakter fiksional Christie telah dieksplorasi dan bercerita tentang keberadaannya pada 1926. Pada film yang berjudul Agatha (1979), Vanessa Redgrave berperan sebagai Christie yang menyelinap pergi untuk merencanakan balas dendam terhadap suaminya. Ahli waris Christie tidak berhasil menggugat untuk mencegah distribusi film tersebut.

Pada 17 Mei 2018, salah satu episode dari Doctor Who dengan judul "The Unicorn and the Wasp" bercerita tentang Christie (diperankan oleh Fenella Woolgar) di awal karier menulisnya dan menjelaskan tentang menghilangnya dia sebagai akibat dari gangguan sementara karena hubungan psikis singkat antara dia dan tawon alien yang disebut Vespiform.

Masih pada tahun yang sama, dalam film yang berjudul Agatha and the Truth of Murder, ia menyelesaikan kasus pembunuhan putri baptis Florence Nightingale yang bernama Florence Nightingale Shore. Sebuah kisah fiksi tentang hilangnya Christie juga merupakan tema sentral dari musikal Korea yang diberi judul Agatha.

Pada 1980, dalam film Hungaria berjudul Kojak Budapesten yang merupakan skenario original melibatkan kemampuan kriminal Christie. Dalam drama televisi dengan judul Murder by the Book (1986), Christie (diperankan Dame Peggy Ashcroft) membunuh salah satu karakter fiksinya yang berubah menjadi nyata, yaitu Poirot. Karakter Christie juga tampil dalam Dorothy and Agatha oleh Gaylord Larsen dan The London Blitz Murders oleh Max Allan Collins.

Agatha pada masa mudanya digambarkan dalam serial televisi sejarah Spanyol berjudul Gran Hotel (2011) di mana dia menemukan inspirasi untuk menulis novel barunya sambil membantu detektif lokal. 

Dalam film televisi sejarah alternatif yang berjudul Agatha and the Curse of Ishtar (2018), Christie terlibat dalam kasus pembunuhan di sebuah penggalian arkeologi di Irak. Pada 2019, Honeysuckle Weeks memerankan Christie dalam sebuah episode berjudul No Friends Like Old Friends, dalam sebuah drama Kanada Frankie Drake Mysteries.

Pada 2017, novelnya kembali diangkat ke layar lebar dengan judul Murder on the Orient Express. Film tersebut dibintangi oleh Branagh sebagai Hercule Poirot, dengan Penélope Cruz, Willem Dafoe, Judi Dench, Johnny Depp, Josh Gad, Derek Jacobi, Leslie Odom Jr., Michelle Pfeiffer dan Daisy Ridley dalam peran pendukung.

Film ini adalah adaptasi keempat dari novel Christie tersebut. Sekuel dari film ini yang berjudul Death on the Nile. Film ini menampilkan Branagh yang kembali berperan sebagai Hercule Poirot, beserta Gal Gadot, Letitia Wright, Armie Hammer, Annette Bening, Rose Leslie, Ali Fazal, Sophie Okonedo, Tom Bateman, Emma Mackey, Dawn French, Jennifer Saunders, dan Russell Brand.

Related

Books 4650437082908058864

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item