Selain Novel, Agatha Christie Juga Menulis Sandiwara Panggung


Pada 1928, Michael Morton mengadaptasi Pembunuhan atas Roger Ackroyd untuk sandiwara panggung dengan judul Alibi. Drama tersebut mendapatkan respons yang baik, tetapi Christie tidak menyukai perubahan yang dibuat pada karyanya. 

Ia kemudian mulai menulis untuk sandiwara panggung. Karya panggungnya yang pertama adalah Black Coffee, yang mendapat ulasan baik ketika dibuka di West End pada akhir 1930. Dia kemudian melanjutkannya dengan adaptasi novel detektifnya yang berjudul And Then There Were None pada 1943, Appointment with Death pada 1945, dan The Hollow pada 1951.

Pada 1950-an, "teater ... menarik banyak perhatian Christie." Dia kemudian mengadaptasi drama radio pendeknya menjadi The Mousetrap, yang ditayangkan perdana di West End pada 25 November 1952 dan diproduksi oleh Peter Saunders. Ia tidak memiliki harapan yang terlalu tinggi untuk drama tersebut, meyakini bahwa karyanya tidak akan dimainkan lebih dari delapan bulan. 

Drama ini telah membuat sejarah teater, mementaskan penampilan ke 27.500 pada September 2018. Drama tersebut ditutup pada Maret 2020, ketika semua bioskop di Inggris ditutup karena pandemi koronavirus.

Pada 1953, ia menciptakan Witness for the Prosecution. Drama tersebut diproduksi Broadway dan berhasil memenangkan penghargaan New York Drama Critics 'Circle untuk drama asing terbaik 1954 dan mendapatkan Penghargaan Edgar dari Mystery Writers of America. 

Kemudian, drama panggung Spider's Web yang merupakan karya original yang ditulis untuk aktris Margaret Lockwood atas permintaannya, ditayangkan perdana pada 1954. Dia juga penulis drama wanita pertama yang memiliki tiga drama yang ditayangkan secara bersamaan di West End. Tiga drama tersebut adalah The Mousetrap, Witness for the Prosecution dan Spider's Web. 

Christie berkata, "Drama jauh lebih mudah untuk ditulis daripada buku, karena anda dapat melihatnya di mata pikiran anda dan tidak terhambat oleh semua deskripsi yang ada dalam sebuah buku yang kemudian menghentikan anda untuk mengerti apa yang terjadi." Dalam sebuah surat kepada putrinya, Christie mengatakan menjadi penulis naskah "sangat menyenangkan!"

Related

Figures 1217614526255301890

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item