Ganjar Pranowo Resmi Jadi Warga Sleman, Ini Kata Para Tetangga


Ganjar Pranowo dan keluarganya telah resmi jadi warga Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ya, setelah 10 tahun menjabat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memutuskan menetap di luar wilayah kekuasaannya selama ini.

Ganjar dan keluarga sudah tercatat sebagai penduduk dengan KTP Sleman. Cawapres 03 itu melakukan pemindahan domisili ke Sleman sekitar satu bulan yang lalu. Lokasi kediaman barunya berada di Padukuhan Tegalsari RT 01, Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY.

Tabiat Ganjar dan keluarga selama jadi warga baru diungkap tetangga. "Sudah sekitar sebulan lalu dia pindah, tepat sebelum bulan puasa," kata Yani, tetangga Ganjar yang tinggal tepat di seberang rumah Ganjar.

Yani menyebutkan, Ganjar tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dan berbaur dengan warga setempat. Ia bahkan beberapa kali terlihat mengikuti shalat tarawih di masjid dekat rumahnya.

"Langsung akrab dengan masyarakat setempat, sering shalat tarawih di masjid. Orangnya biasa-biasa saja, tidak hanya ke satu masjid, tapi juga masjid tetangga," ujarnya.

Sebagai tokoh politik nasional, Ganjar tak menjaga jarak dengan masyarakat sekitar. Beberapa kali Ganjar juga ngobrol dengan masyarakat. Tak hanya Ganjar, Alam putra Ganjar juga sering berbincang dengan warga.

"Sering (ngobrol) sama Pak Ganjar, sama istrinya (Atikoh). Ngobrol-ngobrol biasa," kata dia.

Menurut Yani, Ganjar sering melakukan olahraga pagi di sekitar rumahnya. Biasanya pada pagi hari Ganjar lari atau bersepeda.

"Sering lari dan sepedaan. Dia enggak bedakan ini orang punya, orang enggak punya, ramah dia," ujar Yani.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo diketahui sudah menjadi warga Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ganjar sudah mengajukan pindah ke Sleman sejak purna tugas sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sleman Susmiarto. Menurutnya, pengajuan pindah status kependudukan itu dilakukan Ganjar sejak purna tugas sebagai gubernur Jawa Tengah.

"Benar, sudah (ber-KTP Sleman). Sesudah dari gubernur (Gubernur Jateng) purna itu mengajukannya," ujarnya, Kamis (28/3/2024).

Penampakan Rumah Ganjar

Ganjar Pranowo telah mempersiapkan tempat tinggalnya di Jogja. Setelah lengser dari jabatan Gubernur dan gagal dalam ajang Pemilihan Presiden 2024, Ganjar dikabarkan akan tinggal di Yogyakarta. Tepatnya di Padukuhan Tegalsari, Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Rumah tersebut dibangun pada tahun 2022. Ketua RT 01, Tegalsari, Wedomartani, Saryono membenarkan jika rumah megah yang sedang dibangun di Tegalsari milik Ganjar Pranowo. Menurut dia, saat sedang ada kegiatan di Yogyakarta, Ganjar sesekali mampir berkunjung ke Padukuhan Tegalsari untuk mengecek proses pembangunan rumahnya.

"Iya (itu rumahnya Pak Ganjar). Dulu beli tanah sepetak, kurang lebih belinya 3 tahun lalu dan dibangun 2 tahunan ini. Sekarang masih proses, belum kelar (pembangunannya)," kata dia.

Rumah Ganjar di Jogja tersebut bergaya industrial modern dengan dominasi warna gelap. Di lahan seluas seribuan meter persegi, terlihat ada dua bangunan. Bangunan depan adalah Joglo dengan sentuhan modern. Sedangkan rumah utama berada di belakang.

Related

News 2510006444676772296

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item