Indah G dan Cinta Laura Diributkan Netizen Usai Bahas Hafalan Alquran


Nama Indah G dan Cinta Laura mendadak trending di X (twitter), Sabtu (6/4/2024). Mereka jadi perbincangan di media sosial. Hal ini tak lain karena keduanya membahas soal agama Islam.

Banyak warganet yang mengecam Cinta Laura dan Indah Gunawan atau Indah G yang berbincang soal budaya menghafal dalam belajar agama Islam. Momen yang merupakan petikan perbincangan di tayangan Youtube The Indah G Show ini diunggah, 31 Maret 2024.

Kehebohan itu berawal dari keduanya yang membahas soal budaya pendidikan di Indonesia yang berfokus pada hafalan. Kemudian perbincangan merambat ke budaya menghafal.

Dalam video tersebut, Indag G menyayangkan pembelajaran Al-Quran yang berfokus menghafal tanpa mengetahui tafsirannya. Lantas, dia berpendapat bahwa kurangnya pemahaman soal Al-Quran yang sudah orang hafalkan. Baginya, ini dapat menimbulkan dampak negatif. Salah satunya adalah mudah disetir orang lain.

“Di sekolah negeri mereka ada pelajaran agama, kan? Kalian harus menghafal ayat-ayat Al Quran, kata demi kata, maka dari itu, OMG (Oh My God) ini bakal terdengar kurang ajar, jadi mereka lebih bisa diatur-atur, tapi mereka gak tau cara berperilaku demi kebaikan diri mereka,” jelas Indah G.

Cinta Laura kemudian menyetujui adanya penekanan dari pentingnya memahami isi hafalan. Dia menyarankan untuk mempelajari ayat Al-Quran dalam bahasa Indonesia, atau jika perlu langsung dari Bahasa Arabnya.

“Buat kalian yang Muslim, kalau lo mau belajar tentang Islam, please lakuin ya. Tapi saran gue adalah kalau tidak ada terjemahan Bahasa Indonesia ya belajar Bahasa Arab,” saran Cinta Laura.

Dia mengungkap metode belajar menggunakan bahasa penutur dapat membantu untuk memahami makna ayat.

“Belajarlah bahasa Arab, kemudian hapalin Al Quran dalam bahasa Arab, setelah lo mengerti, setelah lo udah pelajarin bahasanya, karena dengan begitu lo juga bisa mengerti ayat suci dalam bentuk aslinya,” jelasnya.

Video perbincangan Cinta dan Indah ini kemudian mendapat komentar beragam dari warganet di X. Bahkan, nama mereka trending di X. Nama Indah G malah di posisi teratas.

Siapa Indah G?

Berdasarkan sejumlah sumber, Indah G yang bernama asli Indah Gunawan merupakan YouTuber yang lahir di Jakarta pada 20 Agustus 1996. Sosok Indah Gunawan mulai dikenal publik setelah kemunculannya di kanal YouTube Jakarta Uncensored pada Juni 2021 kemarin.

Indah G merupakan lulusan Universitas Indonesia jurusan Ilmu Komunikasi. Dia juga merupakan alumni Jakarta Intercultural School. Dia kerap membagikan pengalamannya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengenyam pendidikan di sekolah internasional.

Dalam video lainnya, diketahui pula bahwa Indah sebelumnya kuliah di perguruan tinggi swasta di Amerika Serikat, Loyola Marymount University. Selain prestisius, universitas ini dikenal memiliki biaya kuliah yang tinggi.

Karena selalu bersekolah di institusi internasional, Indah Gunawan lebih lancar berkomunikasi dengan Bahasa Inggris ketimbang Indonesia. Namun hal itu yang membuat Indah semakin mencuri perhatian publik, ditambah dengan cara bicaranya yang cepat dan blak-blakan.

Tak lama setelah kemunculannya di Jakarta Uncensored, ia mulai rutin mengunggah konten podcast di kanal YouTube miliknya, The Indah G Show. Lewat platform tersebut, ia membahas banyak hal, mulai dari politik, isu perempuan dan gender hingga isu sosial.

Related

News 4103374723025056380

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item