Komentar PBNU Soal Pendeta Gilbert yang Dipolisikan


Ketua PBNU Ahmad Fahrur Rozi (Gus Fahrur) merespons pelaporan Pendeta Gilbert Lumoindong ke Polda Metro Jaya, buntut video khotbah yang viral beberapa waktu lalu. Gus Fahrur meminta agar Pendeta Gilbert tak dipolisikan karena sudah meminta maaf kepada umat Islam.

"Saya kira tidak perlu (dipolisikan), sebaiknya cukup dengan dia meminta maaf kepada umat Islam," kata Gus Fahrur kepada wartawan, Rabu (17/4/2024).

Gus Fahrur mengajak masyarakat menjaga suasana kondusif kerukunan umat beragama di Indonesia. Dia juga mengajak umat Islam menunjukkan bahwa Islam adalah agama rahmatanlil'alamin, dakwah ramah bagi semuanya.

"Bila seseorang sudah mengakui bersalah, maka dengan lapang dada kita harus bisa menerima dan memberi maaf," ucap Gus Fahrur.

"Mungkin dia hanyalah bercanda dan tidak ada niat melakukan penistaan ajaran agama Islam," tambahnya.

Dia berharap ke depan sebaiknya semua pihak berhati-hati dalam memilih bahan candaan agar tidak terjadi kesalahpahaman antar-pemeluk agama. Sebab, kata dia, isu agama bisa sangat sensitif pagi pemeluknya.

"Marilah berpikir positif saja, dan tunjukkan bahwa kita sangat dewasa dalam menjaga harmoni kerukunan umat beragama di Indonesia," ujarnya.

Pendeta Gilbert Dipolisikan

Pendeta Gilbert Lumoindong dilaporkan ke Polda Metro Jaya, buntut video khotbah yang viral beberapa waktu lalu. Pendeta Gilbert merespons singkat pelaporan yang ada.

"Statement saya, sekali lagi, kami menyatakan maaf kami kepada umat yang terlukai dan tersakiti. Insyaallah ke depannya lebih baik," kata Gilbert saat dihubungi, Rabu (17/4).

Laporan tersebut dikonfirmasi oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi. Pendeta Gilbert dipolisikan terkait dugaan penistaan agama.

Saat ini pihak kepolisian masih mendalami laporan yang ada. Kasus tersebut kini ditangani Subdit Keamanan Negara (Kamneg) Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

"Benar. Laporan diterima tanggal 16 April 2024 tentang dugaan penistaan agama," kata Ade Ary kepada wartawan, Rabu (17/4).

Related

News 4435145975965533576

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item