Tips Menggunakan Kosmetik ketika Hamil

 Tips Menggunakan Kosmetik ketika Hamil

Naviri.Org - Tidak semua bahan kosmetika ramah bagi penggunanya. Beberapa bahan dasar yang terkandung di dalam kosmetika—seperti merkuri, timah hitam, dan alumunium—memiliki pengaruh tidak baik bagi janin yang sedang tumbuh dalam kandungan. Pada waktu kosmetika digunakan, entah di wajah ataupun dalam bentuk cat rambut, bahan kimia yang terkandung di dalamnya tersebut akan terserap melalui pori-pori kulit, dan kemudian sampai ke aliran darah, hingga akhirnya mencapai janin.

Karenanya, diperlukan kecermatan tersendiri dalam hal memilih kosmetika selama kehamilan, agar penggunaannya tidak sampai menimbulkan masalah yang tak diinginkan. Berikut ini adalah tip yang bisa Anda perhatikan dalam hal memilih dan menggunakan produk-produk kecantikan selama hamil:

Selama kehamilan, sangat disarankan untuk menahan keinginan mengeriting atau meluruskan rambut, karena bahan dasar yang dipakai untuk kedua proses tersebut cukup keras dan kurang baik bagi pertumbuhan janin.

Tinggalkan krim pemutih selama hamil. Karena hormon kehamilan, kulit Anda akan menggelap. Karenanya, menggunakan krim pemutih adalah sia-sia, karena efek gelap tersebut adalah proses alami, dan memang sebaiknya dibiarkan saja.

Pada waktu menggunakan parfum, sebaiknya hindari daerah leher. Indra penciuman ibu hamil sering kali sangat sensitif, sehingga aroma parfum yang dulu (sebelum hamil) terasa lembut sekarang bisa terasa sangat kuat dan membuat pusing, mual, atau muntah. Selain itu, parfum juga dapat memicu munculnya reaksi alergi, baik pada hidung maupun kulit. Karenanya, rasakan dulu aromanya sedikit, sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Kadang-kadang, kehamilan menjadikan kondisi kulit berubah. Artinya, kosmetika yang selama ini biasa Anda pakai belum tentu cocok dipakai sewaktu hamil. Bisa jadi, kosmetika yang dulu baik-baik saja sekarang menimbulkan reaksi alergi. Karenanya, cermati kosmetika Anda, dan produk yang sekiranya membuat alergi bisa diganti selama masa kehamilan.


Tips pemakaian produk rambut saat hamil

Berdasarkan penelitian American Pregnancy Association, paparan zat kimia yang terdapat dalam produk perawatan rambut dapat mempengaruhi atau memberikan efek tertentu pada janin yang ada dalam kandungan. Karenanya, meski penggunaan produk perawatan rambut tidak dimasukkan ke tubuh (tidak dimakan atau ditelan secara langsung), tetapi ibu hamil harus tetap berhati-hati dalam menggunakannya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diingat dalam penggunaan produk perawatan rambut selama kehamilan.
  • Hindarilah meluruskan rambut, bleaching, mengeriting dan mengecat rambut, sampai usia kehamilan mencapai trimester kedua.
  • Pada waktu bahan treatment dioleskan pada area rambut, pastikan hal itu dilakukan di ruangan yang memiliki ventilasi dan pergantian udara yang baik.
  • Jangan melekatkan zat kimia rambut lebih lama dari waktu yang diperlukan.
  • Setelah melakukan treatment, pastikan rambut dan kulit kepala dibilas sampai bersih dengan air.
  • Selalu kenakan sarung tangan selama menyentuh dan mengoleskan zat kimia rambut, dan selalu ikuti panduan dari produsen secara cermat.
  • Akan lebih baik jika Anda mengoleskan produk tersebut sedikit dulu pada rambut, untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi.

Baca juga: Tips Sehat dan Cantik untuk Ibu Hamil

Related

Pregnancy 2973468127793296525

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item