9 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes

9 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes

Naviri.Org - Dalam upaya mengontrol kadar gula dalam darah tetap normal, penderita diabetes tidak bisa bebas memilih makanan apa saja yang akan dikonsumsinya. Bahkan sayuran serta buah-buahan yang jelas bermanfaat bagi tubuh pun tidak bisa dikonsumsi secara bebas oleh penderita diabetes. Karenanya, penderita diabetes harus benar-benar hati-hati menjaga makanan yang dikonsumsinya, agar penyakit yang diidapnya bisa sembuh dan bukannya tambah parah.

Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi para penderita diabetes. Menghindari makanan-makanan ini bisa membuat diabetes lebih mudah disembuhkan.

Nasi putih 

Bagi orang sehat, mengonsumsi nasi putih mungkin bukan masalah, tapi tidak begitu bagi penderita diabetes. Nasi putih mengandung zat tepung dengan indeks glikemik tinggi. Karenanya, penderita diabetes tidak disarankan mengonsumsinya.

Pasta putih 

Pasta putih memiliki sifat yang mudah dicerna, sehingga bisa memicu kadar gula darah. Mengonsumsi pasta putih yang terlalu matang bahkan bisa memperparah kondisi diabetes.

Roti 

Sebagaimana nasi putih, roti yang terbuat dari tepung putih ini juga disinyalir sebagai salah satu penyebab diabetes. Karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi roti jika Anda menderita diabetes. Menghindari roti dapat membantu gula darah Anda stabil.

Kentang 

Kentang adalah makanan yang menyehatkan. Sayangnya, bagi penderita diabetes, kentang bisa menyebabkan masalah, karena kentang dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Saus tomat

Rasa asam pada saus tomat seolah aman dikonsumsi penderita diabetes. Tetapi, yang perlu diketahui, kandungan di dalamnya tidak baik untuk kadar gula dalam darah.

Pemanis buatan 

Banyak makanan dan minuman di pasaran yang memakai pemanis buatan. Meski sebagian orang menganggap pemanis buatan tidak berbahaya, tetapi penderita diabetes perlu menjauhinya, demi mengontrol gula darah.

Yoghurt rendah lemak 

Yoghurt rendah lemak ternyata mengandung pemanis buatan. Meski bisa bermanfaat untuk orang sehat, namun yoghurt rendah lemak sebaiknya dihindari penderita diabetes.

Minuman energi 

Meski dipercaya dapat memberikan tambahan energi untuk tubuh, namun minuman energi memiliki dampak buruk bagi penderita diabetes. Karenanya, daripada meminum minuman semacam itu, lebih baik Anda mengonsumsi air putih karena lebih sehat dan memiliki khasiat yang lebih jelas.

Jus buah 

Jika kadar gula sudah tinggi, sebaiknya hindari jus buah. Jus buah memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Sekadar catatan, buah yang disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes di antaranya nanas, apel, pir, semangka, dan belimbing. Para penderita diabetes juga  sebaiknya mengonsumsi kacang kenari, kacang polong, ikan salmon, tuna, oat kaya serat, dan perbanyak mengonsumsi sayur seperti brokoli, wortel, tomat, bayam, dan buncis.

Related

Health 3629113413575439435

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item