Film-film Bagus yang Berlatar Kisah Penjara (2)

Film-film Bagus yang Berlatar Kisah Penjara

Naviri.Org - Uraian ini lanjutan uraian sebelumnya (Film-film Bagus yang Berlatar Kisah Penjara 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Miracle in Cell No. 7 (2013)

Bercerita tentang seorang ayah bernama Lee Yong Goo yang mengidap kelainan mental. Ia mempunyai seorang anak perempuan yang lucu berumur 7 tahun. Sang ayah dituduh telah membunuh dan memperkosa seorang anak kecil, dan akhirnya dijebloskan ke penjara. Tak disangka, sang anak malah ikut menyusup ke dalam ruang penjara tempat ayahnya ditahan.

Sebenarnya Lee Yong Goo tidak bersalah, dan semua itu hanyalah sebuah kecelakaan. Anaknya yang masih kecil itulah yang kelak akan membebaskan ayahnya dari penjara.

Gridiron Gang (2006)

Setiap anak berusia 17 tahun, pasti pernah melakukan kesalahan. Dan beberapa dari mereka memilih jalan hidup yang salah. Akibatnya, sebagian dari mereka masuk penjara. Dari sekian banyak anak yang bebas dari penjara, sebanyak 75% dari mereka akan melakukan kejahatan lagi, dan berakhir di penjara atau mati di jalanan.

Film ini bercerita tentang penjara khusus anak remaja yang diawasi oleh Sean Porter. Sean merasa frustasi karena anak-anak remaja yang ada di penjara selalu berakhir tragis, padahal mereka masih muda. Karena Sean seorang mantan pemain football, ia punya inisiatif untuk membentuk sebuah tim football, yang terdiri dari para tahanan. Mereka harus mengesampingkan persaingan dan pertikaian antar geng, untuk pertama kalinya menjadi pemenang dan bukan pecundang. Berdasarkan kisah nyata.

Midnight Express (1978)

Billy Hayes adalah anak kuliahan yang tertangkap saat sedang menyelundupkan narkoba. Ia dipergoki telah membawa heroin dan harus dijebloskan ke penjara yang sadis. Di penjara tersebut, setiap narapidana yang tak mau mengikuti aturan dengan benar akan dipukuli dan disiksa. Setiap tahanan yang disiksa, pasti selalu berakhir dengan tragis.

Billy Hayes berusaha keras untuk keluar dari penjara tersebut. Tapi kemudian ia segera menyadari bahwa penjara tersebut akan menguji mental dan tubuhnya. Berdasarkan kisah nyata.

American History X (1998)

Derek Vineyard adalah orang yang sangat rasis, dan merupakan ketua dari geng sadis. Suatu malam, mobilnya hampir dicuri oleh dua orang kulit hitam. Derek langsung keluar rumah dan membunuh dua orang tersebut dengan menembak mereka menggunakan senjata api. Akibatnya, Derek dijebloskan ke penjara, dan dari situ semuanya mulai berubah.

Setelah keluar dari penjara, Derek jadi orang yang sangat berbeda dan berubah total. Ia ingin adiknya yang bernama Danny tidak mengikuti jalan hidup yang salah seperti dirinya dulu.

Starred Up (2013)

Eric Love adalah anak muda yang suka berbuat onar. Akibatnya ia dipindahkan ke penjara untuk orang dewasa. Di penjara yang baru, Eric masih suka mencari gara-gara dan terlibat dalam berbagai masalah. Eric termasuk anak yang pintar. Selain itu, Eric juga jago berantem, dan itu membuat dia jadi berbahaya.

Tak disangka, di penjara tersebut Eric bertemu ayahnya yang bernama Neville. Eric tidak bertemu dengan ayahnya sejak dari kecil. Dan setelah mereka bertemu, sang ayah bertekad untuk menjaga Eric agar terhindar dari semua masalah yang ada, dan bisa bertahan di penjara tersebut.

Big Stan (2007)

Stan adalah penjual properti yang sukses dan kaya raya. Ia punya rumah mewah, mobil yang bagus, dan istri yang cantik. Hidupnya tampak lengkap, sampai suatu ketika Stan menyadari bahwa dirinya akan masuk penjara.

Stan adalah agen penjual yang curang. Ia suka menipu pelanggannya, dan menawarkan berbagai fitur yang sebenarnya tidak ada. Oleh sebab itu, Stan akan dipenjara dalam beberapa bulan yang akan datang. Selama waktu itu, Stan memutuskan untuk berlatih beladiri, dan mempersiapkan segala sesuatu untuk bisa bertahan hidup di penjara. Tak hanya itu, Stan mungkin bisa menjadi penguasa di penjara.

The Experiment (2010)

Dua puluh enam pria telah dipilih untuk mengikuti sebuah eksperimen psikologis tentang penjara. Di sana mereka akan memainkan peran sebagai petugas atau sipir penjara, dan ada yang berperan sebagai tahanan atau narapidana.

Para pria tersebut harus memainkan peran mereka sebaik mungkin selama dua minggu, dan setelah itu mereka akan mendapat bayaran sebesar $14,000. Tak ada yang boleh menggunakan kekerasan. Jika mereka tak bisa memainkan peran mereka dengan sungguh-sungguh, mereka tidak akan dibayar. Siapa sangka, sebuah eksperimen yang seharusnya tak nyata malah menjadi malapetaka.

Hunger (2008)

Diangkat dari kisah nyata. Bercerita tentang aksi protes di penjara Irlandia Utara, dimana para tahanan melakukan berbagai aksi mogok. Dipimpin oleh seorang tahanan bernama Bobby Sands (Michael Fassbender) yang merupakan aktivis IRA (Irish Republican Army). Para tahanan melakukan berbagai aksi mogok, diantaranya mogok makan, mogok mandi, mogok membersihkan diri, mogok berpakaian, dan sebagainya.

Tak jarang penonton akan melihat berbagai adegan telanjang dan menjijikkan. Apa yang akan terjadi, saat tubuh dan pikiran manusia didorong sampai ke batas paling akhir?

Papillon (1973)

Pada awal tahun 1970, ada seorang pria yang dijuluki dengan nama Papillon. Itu karena tato kupu-kupu yang ada pada tubuhnya. Ia berteman dengan tahanan lainnya, bernama Louis Dega.

Mereka ditransfer ke dalam sebuah penjara bernama French Guyana. Itu adalah penjara mengerikan yang berada di sebuah pulau. Papillon dan Dega harus menghabiskan seluruh hidup mereka di sana. Keduanya memutuskan untuk kabur dari penjara tersebut. Berdasarkan kisah nyata.

A Prophet (2009)

Malik adalah anak muda berusia 19 tahun yang ditahan di penjara Perancis. Ia harus mendekam di penjara orang dewasa selama enam tahun. Malik tak punya kenalan siapa-siapa, tak punya musuh, dan tak punya teman.

Malik hanya berharap dirinya dapat menjalani seluruh hukumannya dengan tenang, dan bisa bebas dengan damai. Namun semua itu berubah saat seorang pemimpin geng menyuruh Malik untuk membunuh seorang tahanan. Jika Malik tak mau membunuh, dirinya akan dibunuh. Dari situlah kepribadian Malik mulai berubah. Dia yang polos menjadi berani, untuk kemudian membangun geng sendiri.

Baca lanjutannya: Film-film Bagus yang Berlatar Kisah Penjara (3)

Related

Film 3566194399004936245

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item