Geger Rekaman Video Bunuh Diri di YouTube

Geger Rekaman Video Bunuh Diri di YouTube

Naviri.Org - Di YouTube, ada banyak orang yang populer disebut YouTuber, yaitu orang-orang yang kerap mengunggah video ke YouTube, dan terkenal karena video-videonya banyak ditonton. Karena terdorong untuk menjadi terkenal pula, tidak sedikit YouTuber yang kadang sampai bertingkah aneh atau melakukan hal-hal tertentu untuk menarik perhatian penonton.

Kasus terbaru terkait YouTube terjadi pada seorang YouTuber asal Amerika Serikat, bernama Logan Paul. Entah dengan maksud apa, dia mengunggah video yang berisi pengalamannya ke Jepang di YouTube, namun sempat menjadikan orang bunuh diri sebagai bahan candaan.

Ceritanya, Logan Paul bersama temannya menjelajahi hutan Aokigahara di Jepang, yang selama ini terkenal sebagai tempat bunuh diri. Tentu dengan membawa kamera, karena dia memang bermaksud mengunggah hasil rekamannya ke YouTube. Di tengah perjalanan, Logan Paul melihat mayat tergantung. Ia tetap merekam video tersebut, malah membuat guyonan bersama temannya dan tertawa.

Video itu kini sudah dihapus dari channel YouTube Logan Paul, tetapi terlanjur memicu kontroversi di kalangan netizen. YouTube, sebagai wadah penyalur video tersebut, sempat bungkam dan baru bersuara sekarang.

Lewat akun Twitter resminya, YouTube membuat serial berisi lima kicauan berturut-turut. Pertama-tama, YouTube mengatakan masyarakat harus mengetahui apa yang terjadi.

YouTube mengaku turut sedih dengan video yang diunggah Logan Paul. Sama seperti kritik lain dari netizen, YouTube menganggap bunuh diri bukan sesuatu yang layak dijadikan guyonan.

“Suicide is not a joke, nor should it ever be a driving force for views. As Anna Akana put it perfectly: "That body was a person someone loved. You do not walk into a suicide forest with a camera and claim mental health awareness."

“Bunuh diri bukan guyonan, bukan pula sesuatu yang yang bisa dipertontonkan. Seperti yang disebutkan Anna Arkana: “Badan tersebut adalah orang yang dicintai orang lain. Kamu tak seharusnya ke hutan bunuh diri dengan kamera,” begitu dikicaukan YouTube (@YouTube), Rabu (10/1/2018).

YouTube pun menyatakan bakal mengambil tindakan tegas atas perbuatan Logan Paul. Belum dijabarkan seperti apa, tetapi YouTube mengatakan bakal segera mengumumkan langkah-langkah agar video seperti itu tak beredar lagi di platform-nya.

“Channel tersebut melanggar kebijakan komunitas kami, kami sudah bertindak dan akan memberikan konsekuensi lebih lanjut,” YouTube menuturkan.

"Kami butuh waktu lama untuk merespons, tetapi kami mendengar apapun yang Anda katakan. Kami tahu tindakan seorang kreator bisa memengaruhi komunitas secara keseluruhan, jadi kami akan segera membagi langkah-langkah lebih lanjut untuk memastikan video seperti ini tak beredar lagi,” YouTube memungkasi.

Baca juga: 10 Youtuber Indonesia Dengan Penghasilan Terbesar

Related

News 8750482556825244202

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item