Mengenal Oymyakon, Kota Paling Dingin di Dunia

Mengenal Oymyakon, Kota Paling Dingin di Dunia

Naviri.Org - Oymyakom adalah kota di Republik Sakha, Rusia. Kota ini terletak di bagian timur negara itu. Bermuara di Sungai Indigirka. Semula, penduduk Oymyakon berjumlah 521 jiwa. Namun, seiring waktu, jumlah itu terus berkurang hingga hanya tersisa 50 orang. Oymyakon terkenal sebagai kota paling dingin di dunia, karena suhunya pernah mencapai angka minus 62 derajat celcius.

Perangkat publik yang dipasang di Oymyakon itu masih berfungsi saat menunjukkan angka minus 62 derajat celsius. Tetapi, mungkin memang sampai suhu itulah alat tersebut mampu bertahan.

Oymyakon memiliki 50 penduduk tetap. Mereka teruji tangguh, dan sudah biasa hidup dengan rata-rata suhu harian minus 50 derajat celsius. Penduduk di sana hanya memiliki satu toko dan sekolah, yang akan langsung tutup jika suhu sudah di bawah minus 52 celsius. Siang hari bisa berlangsung sangat cepat di Oymyakon.

Siang hari di Oymyakon cuma berlangsung tiga jam pada bulang Desember. Sementara dapat berlangsung selama 21 jam ketika musim panas. Tentunya, siksaan terberat bagi warga Oymyakon ialah saat musim dingin. Tahun 1993, kota tersebut pernah dinaungi suhu dingin di bawah minus 67,7 derajat celsius.

Benarkah Oymyakon tempat terdingin di dunia? Sebenarnya tidak, satelit NASA pernah melaporkan pada tahun 2013, bahwa suhu terdingin di planet Bumi berada di Antartika Timur, yaitu minus 94,7 celsius. Namun, tak ada penduduk tetap di Antartika, tak seperti Oymyakon yang ditinggali manusia.

Lihat juga: Banpo Bridge, Air Mancur Terindah di Korea Selatan

Related

Traveling 7907924627073159114

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item