Berbagai Merek Genset Berkualitas Serta Tips Memilihnya

Berbagai Merek Genset Berkualitas Serta Tips Memilihnya

Genset merupakan kependekan dari generator set. Alat ini berfungsi sebagai penghasil tenaga listrik atau generator dari mesin penggerak dalam satu kesatuan menggunakan daya tertentu. Prinsip kerjanya yaitu mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Ketika ditemukan pertama kali pada tahun 1831 oleh Michael Faraday, generator listrik hanya berbentuk kawat besi letter U yang dililitkan pada sebuah gulungan kawat. Generator sederhana tersebut dikenal sebagai generator cakram Faraday.

Dalam sebuah genset, terdapat dua komponen utama, diantaranya stator atau komponen diam dan rotor atau komponen bergerak. Rotor berhubungan dengan poros generator yang memutari stator. Nah, poros stator tersebut akan diputar menggunakan turbin uap maupun turbin air.

Jenis-Jenis Genset

Genset dapat dibedakan menjadi Genset Dinamo (DC) dan Genset Alternator (AC). Perbedaan keduanya adalah pada arus yang dihasilkan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasannya berikut ini:

AC (generator listrik alternator)

Pada genset berjenis AC, kutub magnet berlawanan akan dihadapkan satu sama lain sehingga timbullah medan magnet. Pada medan magnet tersebut, ada kumparan yang terus berputar pada porosnya. Dikarenakan kumparan tersebut berputar terus menerus, maka jumlah gaya magnet akan berubah-ubah. Sedangkan arus listriknya berbentuk gelombang sebab berjenis bolak-balik.

Amplitudonya bergantung pada jumlah lilitan kawat, kekuatan medan magnet, serta luas penampang pada kumparan. Baca juga: Daftar Harga Mesin Genset

DC (generator listrik dinamo)

Sebenarnya cara kerja DC hampir sama dengan AC, namun perbedaan mendasarnya terletak pada cincin belah atau komutator pada bagian output dari generator dinamo. Komutator memungkinkan arus listrik induksi berupa arus listrik DC yang dialirkan pada rangkaian listrik.

Sedangkan mesin genset dapat dibedakan menjadi tiga:

Mesin Genset Gas

Bahan bakar yang digunakan untuk mengoperasikan genset ini adalah gas seperti CNG (compressed natural gas) dan LPG (Liquid petroleum gas). Genset jenis ini lebih sering digunakan pada perusahaan industri.

Mesin Genset Diesel

Untuk mesin genset diesel adalah yang paling mudah ditemukan di pasaran. Kapasitas mesin genset diesel sangat beragam, diantaranya 5000 watt hingga 2 juta watt. Mesin ini memiliki 2 hingga 16 silinder.

Mesin Genset Bensin

Dengan menggunakan bahan bakar bensin, genset ini memiliki kapasitas maksimum hingga 10 KW.


Tips Memilih Genset Yang Berkualitas

Genset memiliki fungsi yang sangat penting terutama ketika pasokan listrik dari PLN sedang mati. Selain itu, genset juga berfungsi untuk berbagai kebutuhan usaha dan industri mulai dari kalangan UMKM, minimarket, hingga kebutuhan rumah tangga. Saat ini, terdapat banyak sekali jenis, tipe, serta merk genset yang beredar. Untuk itu, Anda perlu lebih jeli menentukan genset yang berkualitas. Tips berikut ini akan membantu Anda dalam memilih genset yang bagus untuk berbagai keperluan:

Pilihlah sesuai kebutuhan daya listrik

Sebaiknya Anda memilih genset yang memiliki daya listrik yang lebih tinggi daripada kebutuhan. Idealnya, daya listrik genset lebih besar 30% dibanding total daya yang dibutuhkan.

Pilih mesin genset dengan bahan bakar yang mudah ditemukan

Bahan bakar yang mudah ditemukan serta memiliki harga yang terjangkau tentunya lebih menguntungkan bagi penggunanya. Oleh karenanya, sebaiknya cari genset yang yang banyak digunakan oleh orang disekitar Anda, karena ketersediaan bahan bakar juga akan lebih terjamin.

Pilihlah merek yang telah terbukti kualitasnya

Menentukan kualitas mesin genset bisa Anda lihat dari vendor yang mengeluarkan produknya. Nah, ada beberapa merek genset yang beredar di pasaran dan sudah terbukti kualitasnya. Langsung saja ini dia ulasannya:

Genset Honda

Vendor ini lebih terkenal dengan produk otomotifnya yang handal. Brand asal Jepang ini juga mengeluarkan produk berupa genset. Kapasitas daya-nya bermacam-macam, mulai dari 700 watt hingga 10.000 watt. Ada dua tipe mesin dengan bahan bakar yang berbeda yaitu gas dan bensin.

Untuk harganya sendiri sangat variatif, tergantung dari tipe, kapasitas daya dan variannya. Harga yang dibanderol mulai dari satu jutaan hingga lebih dari sepuluh jutaan.

Genset Yamaha

Bukan hanya di industri otomotif saja, Honda dan Yamaha bersaing ketat dalam mengeluarkan produk genset. Kualitas keduanya sama-sama mumpuni.

Untuk genset Yamaha sendiri sering digunakan pada industri-industri yang sudah cukup besar. Selain karena pengoperasiannya yang mudah, genset ini banyak dipilih karena sparepart-nya mudah ditemukan. Genset Yamaha memiliki berbagai kapasitas daya yang bisa dipilih, namun kebanyakan yang dicari adalah 2600 watt, 5500 watt, 7200 watt, dan 12.000 watt. Kelebihan dari genset Yamaha adalah pada mesinnya yang terkenal bandel dan awet.

Genset General

Sebagai alternatif pilihan genset dengan harga yang miring, Anda bisa mempertimbangkan merk General. Genset ini banyak digunakan pada rumah tangga atau usaha kecil menengah. Kapasitasnya sangat bervariasi mulai dari 600 watt hingga 6000 watt.

Genset Mitsubishi

Genset buatan negeri Sakura ini lebih sering dicari oleh pemilik industri yang membutuhkan genset berkapasitas besar. Kemampuan genset Mitsubishi dapat menghasilkan listrik mulai 10 KVA sampai 2000 KVA.

Tipe genset Mitsubishi ada yang bersifat silent maupun open. Anda tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan. Nah, untuk harganya tentu sesuai dengan kapasitas daya besar yang dihasilkannya. Untuk kapasitas 820 KVA, harganya bisa mencapai 1-2 milyar rupiah, sedangkan 200 KVA harganya sekitar 5 milyar.

Genset Elemax

Produsen Elemax memang khusus bergerak dibidang genset. Brand asal Jepang ini menyediakan genset berukuran kecil dengan kapasitas 2 KVA sampai 7,6 KVA. Ada juga jenis genset Elemax portable dengan kapasitas 900 watt sampai 1900 watt.

Untuk kebutuhan pabrik dan perusahaan, Elemax juga mengeluarkan genset dengan kapasitas yang besar mencapai 10,2 KVA. Mesin diesel yang tersedia ada yang berbahan bakar bensin dan diesel.

Genset Hargen

Perusahaan genset asal Indonesia ini menawarkan berbagai produk berkapasitas kecil dengan ukuran portable. Genset tersebut dapat menghasilkan listrik dengan daya 1100 watt. Untuk kapasitas besarnya, Hargen mengeluarkan produk dengan kapasitas 8 KVA sampai 2000 KVA.

Genset Morris

Sangat direkomendasikan bagi Anda untuk memilih silent generator dari Morris yang tidak membuat suara bising. Untuk tipe produknya sendiri bisa dibedakan berdasarkan kapasitas daya-nya. Semakin besar kaasitas yang dihasilkan maka akan semakin tinggi pula harganya. Genset Morris dengan kapasitas paling besar yaitu 62,5 KVA dibanderol dengan harga mencapai 100 juta rupiah.

Genset FG Wilson

Jika Anda lebih menyukai produk dari Eropa, genset FG Wilson sepertinya sesuai untuk Anda. Genset buatan Inggris ini memiliki teknologi mumpuni. Sistem operasinya juga terkenal tangguh untuk memenuhi kebutuhan listrik pada perusahaan besar. Sedangkan kapasitasnya tersedia untuk 10 KVA hingga 200 KVA. Hingga kini, perusahaan FG Wilson terus melakukan inovasi untuk menghasilkan produk terbaru yang lebih canggih.

Itulah beberapa ulasan mengenai segala hal tentang genset atau generator set. Dalam memilih genset Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan serta kualitasnya. Jangan lupa juga untuk memilih genset yang sparepart-nya banyak dijual di toko-toko terdekat. Selain itu, bahan bakar yang digunakan juga perlu pertimbangan khusus.

Nah, Merek-merek yang sudah dibahas tadi merupakan yang terbaik dan telah terpercaya. Mulai dari brand asal Jepang, produk lokal, hingga keluaran Eropa. Semoga pembahasan tadi bermanfaat.

Related

Tips 7566441855702578722

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item