Kehidupan, Karya, dan Pemikiran Stephen Hawking

Kehidupan, Karya, dan Pemikiran Stephen Hawking

Naviri.Org - Stephen Hawking memiliki nama lengkap Stephen William Hawking. Ia lahir di Oxford, Inggris, pada 8 Januari 1942, dan dikenal sebagai fisikawan terkemuka abad ke-21. Sumbangsihnya untuk ilmu pengetahuan pun tidak diragukan lagi.

Hawking menempuh studi doktoral bidang fisika teoritik di Cambridge University dengan disertasi berjudul Properties of Expanding Universes (1966). Studi itu mencakup sejumlah topik dalam fisika teoritik, namun bab terakhir bertajuk "Singularities" (singularitas)-lah yang dinilai paling penting.

Istilah singularitas dikembangkan dari gagasan Albert Einstein mengenai gravitasi dan ruang-waktu. Dalam Teori Relativitas Umum, Einstein menjelaskan bahwa gravitasi adalah kelengkungan ruang-waktu yang disebabkan keberadaan massa atau energi.

Alhasil, semakin besar massa suatu materi, ia bakal semakin melengkungkan ruang-waktu di sekitarnya. Ilustrasi sifat itu dapat dilihat dari interaksi antara matahari dan bumi sebagai berikut:

Massa Matahari melengkungkan ruang-waktu. Karena Bumi bermassa jauh lebih kecil serta letaknya di bidang kelengkungan Matahari, akhirnya bumi yang mengitari Matahari, bukan sebaliknya.

Dalam banyak kasus, yang terjadi di alam semesta seperti ilustrasi di atas. Namun, skema lain yang disebut dengan istilah singularitas juga bisa terjadi: persamaan medan gravitasi memprediksi kelengkungan ruang-waktu menjadi sangat ekstrem, sehingga cahaya pun tidak dapat dilepaskan jika semua materi dimampatkan ke satu titik. Karena tidak menampakkan cahaya, materi seperti ini kemudian disebut black hole.

Peneliti di Royal Society, James Geach, mengatakan dalam artikelnya di The Conversation bahwa bab terakhir disertasi Hawking yang membahas singularitas tidak hanya di sekitar black hole, tetapi juga untuk seluruh alam semesta.

"Apa yang dia (Hawking) lakukan selanjutnya adalah apa yang banyak orang anggap inovatif. Diilhami karya fisikawan Inggris, Roger Penrose, Hawking secara matematis membuktikan bahwa singularitas tidak hanya teori namun fitur alam. Dia secara efektif menunjukkan bahwa teori relativitas umum bisa menjelaskan bahwa alam semesta lahir dari sebuah singularitas," ujar Geach.

Dengan begitu, Hawking memandang alam semesta lahir dari suatu titik yang  kemudian mengembang menjadi alam semesta yang diketahui manusia sekarang. Konsep yang jamak disebut Teori Bing Bang itu menyangkal Teori Steady State yang menyatakan alam semesta tetap dan tidak mengembang.

Ambisi yang tak pernah putus

Memadukan kosmologi dan mekanika kuantum, dedikasi Hawking tidak berhenti pada disertasinya saja. Itu juga diwujudkannya melalui tiga buku yang terbit pada tahun-tahun berikutnya.

Pada 1988, Hawking meluncurkan A Brief History of Time. Dalam buku tersebut, Hawking menerangkan konsep ruang-waktu, eksistensi Tuhan, dan masa depan kehidupan.

Dengan judul yang mirip, Hawking meluncurkan A Briefer History of Time pada 2005. Buku tersebut merupakan bentuk penyederhanaan A Brief History of Time, plus pembahasan Hawking mengenai string theory.

Sedangkan pada 2001, Hawking menerbitkan The Universe in a Nutshell. Buku tersebut memuat ilustrasi-ilustrasi pemandu teori-teori mengenai alam semesta.

“Tujuan saya sederhana. Sebuah pemahaman menyeluruh mengenai alam semesta, mengapa ia begitu dan mengapa ia ada," sebut Hawking.

Hari ini, 14 Maret 2018, Hawking meninggal dunia. Tanggal kematiannya bertepatan dengan hari kelahiran Albert Einstein 139 tahun lalu. Sementara tanggal kelahiran Hawking sama dengan hari kematian fisikawan Italia Galileo Galilei, yang meninggal pada 8 Januari 1642.

Tentu saja dunia kehilangan salah satu fisikawan terbaik yang lahir dan meninggalnya, secara kebetulan, bertepatan dengan kelahiran dan kematian dua fisikawan besar pendahulunya.

Baca juga: Kisah Suram Stephen Hawking Sebelum Terkenal

Related

Insight 8178929268589302904

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item