8 Trik Seputar YouTube yang Jarang Diketahui

8 Trik Seputar YouTube yang Jarang Diketahui

Naviri.Org - YouTube adalah situs video streaming paling populer di internet, dan jutaan orang setiap saat mengakses YouTube untuk menonton atau mengungah video. Hanya dengan membuka YouTube, kita bisa menyaksikan aneka macam video apa pun yang diinginkan, dari acara televisi yang mungkin ketinggalan ditonton, sampai vlog-vlog yang dibuat oleh para YouTuber.

Terkait YouTube, ada trik-trik rahasia yang mungkin masih jarang diketahui, padahal trik-trik ini sangat bermanfaat dalam menggunakan YouTube. Jika Anda termasuk salah satu orang yang suka mengakses YouTube, trik-trik berikut ini mungkin perlu diketahui.

1. Membuat video menjadi GIF

Fitur yang mungkin tidak Anda ketahui dari YouTube, adalah membuat animasi GIF langsung dari video di YouTube. Kalau memang belum tahu, silakan simak caranya di bawah ini:

Pertama, buka situs YouTube dengan menggunakan komputer (PC atau laptop). Setelah itu, pilih video yang ingin diubah menjadi GIF. Kalau halaman videonya sudah terbuka, selanjutnya edit alamat url-nya dengan menambahkan kata “gif” sebelum “YouTube.com”.

Contoh: https://www.YouTube.com/watch?v=JNSdQ7yX1Bw, diubah menjadi https://www.gifYouTube.com/watch?v=JNSdQ7yX1Bw.

Setelah itu, tekan enter, dan hasilnya video tersebut akan menjadi GIF.

2. Menambahkan lirik di video klip 

Trik kedua ini sangat cocok untuk Anda yang suka karaoke di rumah. Dengan memanfaatkan YouTube, semua lagu dan video klip bisa Anda temukan. Sedangkan untuk tambahan liriknya, Anda bisa melakukannya dengan cara berikut:

Buka browser Chrome di PC atau laptop. Setelah itu, cari ekstensi bernama Musixmatch Lyrics for YouTube. Install ekstensi tersebut ke browser Chrome Anda.

Jika sudah terpasang, buka video klip musik, dan lirik lagunya pun akan langsung muncul.

3. Menampilkan video dalam bentuk pop-up

Pop-up merupakan tampilan halaman yang muncul di depan halaman asli. Di YouTube, Anda bisa menonton video dengan tampilan pop-up semacam itu. Caranya sebagai berikut:

Buka halaman YouTube dengan Opera Browser, lalu buka satu video yang ingin Anda nonton. Kemudian, di bagian tengah atas video, Anda akan melihat sebuah tombol, dan klik tombol tersebut untuk menampilkan video dalam bentuk pop-up.

Kalau Anda menggunkaan Chrome, Anda harus menginstal aplikasi tambahan yang bernama “ApplicationFloating for YouTube”.

4. Tombol-tombol shortcut rahasia 

Tombol shortcut akan mempermudah Anda dalam menggunakan YouTube. Bahkan, Anda tidak memerlukan mouse untuk menggunakan YouTube kalau sudah tahu tombol shortcut-nya. Di bawah ini beberapa tombol shortcut YouTube yang mungkin belum Anda ketahui.

K = Pause atau play
J = Memundurkan video 10 detik
L = Memajukan video 10 detik
M = Mute (menghilangkan suara videio)
Angka 0 = Kembali ke awal video yang ditonton
Angka 1 sampai 9 = Memajukan video dari 10% dan 90% (tergantung angka yang Anda tekan).
-” = Untuk mengurangi ukuran font dalam video

5. Menggunakan tema Dark Mode 

YouTube memiliki mode khusus bernama Dark Mode, kalau Anda ingin mengubah tampilan terang YouTube. Dark Mode akan membuat tampilan YouTube menjadi gelap, sehingga terlihat seperti sedang menonton dalam bioskop.

Cara untuk mengaktifkan Dark Mode YouTube cukup mudah. Anda cukup menglik ikon profil Anda yang letaknya di sudut kanan atas halaman YouTube. Setelah itu, Anda pilih menu “Dark Theme” yang ada pada daftar tersebut, dan ubah statusnya menjadi ‘On’. Setelah itu, tampilan atau warna halaman YouTube seketika akan berubah gelap (hitam).

6. Membuat video terlihat slow motion

Memang ada channel YouTube bernama SlowMo, yang banyak menampilkan video slow motion. Tapi, trik rahasia satu ini bisa membuat semua video yang Anda buka di YouTube menjadi slow motion. Caranya pun mudah, hanya dengan menekan dan menahan tombol “Spasi” pada keyboard, sambil memutar video tersebut.

Sebenarnya, trik ini hanya membuat video yang sedang berjalan seperti di-pause dan play dengan lebih cepat.

Selain cara tersebut, Anda juga bisa membuka menu Settings (ikon gear) pada video, dan pilih opsi Speed, lalu atur kecepatan video sesuai keinginan.

7. Membagikan video pada durasi tertentu

Anda mungkin pernah membaca komentar di YouTube, dan melihat orang menyisipkan komentar dengan link durasi pada komentar tersebut. Setelah link dibuka, yang muncul adalah video sesuai durasi tadi, bukan video dari awal.

Kalau ingin mencoba hal semacam itu, Anda bisa mengikut cara di bawah ini:

Buka terlebih dulu video YouTube yang dipilih, dan mainkan. Catat waktu pada video yang ingin Anda tampilan, misalnya pada menit ke 1 lewat 12 detik.

Anda cukup menambahkan sedikit tulisan, seperti ini #t=01m12s pada bagian akhir url video tersebut. Setelah itu, copy url link tersebut ke sosial media atau ke website Anda. Saat link tersebut diklik, maka yang terbuka adalah video pada durasi ke 1:12.

8. Mendownload video YouTube 

Untuk Anda yang ingin mengunduh video-video dari YouTube, tidak perlu software tambahan untuk download. Karena sudah ada cara paling mudah untuk men-dowload dari YouTube tanpa software tambahan. Berikut ini caranya:

Buka halaman YouTube di browser (smartphone atau komputer). Setelah itu, pilih video yang ingin di-download. Jika videonya sudah terbuka, tambahkan tulisan ‘ss‘, pada bagian depan YouTube.com, sehingga menjadi ssYouTube.com.
   
Setelah itu, Anda cukup menekan tombol Enter, dan Anda akan diarahkan ke halaman website SaveFrom.net. Di halaman web itulah, Anda bisa langsung memilih kualitas video yang ingin Anda download.

Baca juga: Dari Mana YouTuber Mendapat Penghasilan Miliaran?

Related

Internet 2971304425339892899

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item