Untung Rugi Menjadi Pegawai Negeri

Untung Rugi Menjadi Pegawai Negeri

Naviri.Org - Banyak orang yang berharap menjadi pegawai negeri sipil (PNS), karena karier sebagai PNS dianggap memberi jaminan kenyamanan. Bagaimana tidak? Dengan menajadi pegawai negeri, kamu bisa mendapatkan banyak hal yang tidak bisa didapatkan pegawai biasa (swasta).

Seorang pegawai negeri atau PNS tidak hanya mendapatkan gaji bulanan dan aneka tunjangan, namun juga jaminan pensiunan. Karenanya, dengan menjadi PNS, orang pun berpikir kelak di hari tua (saat tidak lagi bekerja) tidak akan terlalu bingung karena mendapatkan tunjangan pensiun sebagai PNS.

Latar belakang itulah yang menjadikan banyak orang ingin menjadi PNS. Sayangnya, menjadi PNS tidak mudah. Setiap kali ada lowongan, hampir bisa dipastikan ada ribuan orang yang mendaftar. Lalu ada serangkaian tes yang harus dijalani, dan berbagai prosedur lain. Karenanya, bisa jadi, kamu mendaftar jadi PNS, namun tidak diterima karena tidak lulus tes, atau lainnya.

Bagi yang saat ini sedang kecewa karena tidak berhasil lulus tes CPNS, mungkin bisa menggunakan waktu luang untuk memikirkan bisnis atau usaha sendiri. Lebih dari itu, menjadi PNS memang memiliki keuntungan tertentu, sebagaimana yang disebut di atas. Namun, menjadi PNS juga memiliki kerugian. Untuk lebih jelas, berikut ini adalah keuntungan dan kerugian menjadi PNS.

Keuntungan menjadi PNS

Sebagai seorang PNS, tentunya kamu akan mendapatkan gaji bulanan, biasanya gaji bulanan yang didapatkan oleh seorang Pegawai Negeri Sipil di atas rata-rata sesuai golongan masing-masing. Namun, yang menjadi keuntungan besar apabila kamu menjadi seorang PNS adalah mendapatkan berbagai macam fasilitas negara, mulai dari mobil dinas, hingga rumah dinas, sesuai ketentuan-ketentuan yang ada.

Menjadi seorang PNS juga akan mendapatkan keuntungan jam bekerja yang sudah pasti, rata-rata bekerja dari jam 8 sampai jam 4 sore. Waktu jam kerja yang sudah pasti tersebut akan membuat kamu lebih mudah dalam mengatur waktu harian, sehingga manajemen waktu yang harus kamu lakukan tidak begitu sulit.

Selain itu, menjadi seorang pegawai negeri sipil seringkali diidentikan oleh masyarakat bahwa kamu memiliki masa depan yang cerah dan terjamin. Sehingga bagi para laki-laki akan cukup mudah untuk memantapkan diri meminta restu kepada orang tua calon pasangan hidup nantinya.

Kerugian menjadi PNS

Memilih untuk menjadi seorang PNS tentu juga ada beberapa kerugian yang didapat. Salah satunya adalah kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam godaan untuk mengkorupsi uang negara, terutama bagi kamu yang bekerja di lahan-lahan basah seperti pajak dan sebagainya.

Bukan hanya itu, waktu jam kerja kamu yang sudah teratur akan membuat kamu kehilangan peluang untuk mengembangkan bisnis pribadi secara optimal, mengingat kamu sudah dibebani kewajiban-kewajiban sebagai seorang PNS, yang harusnya mengabdi kepada negara dan bekerja untuk masyarakat.

Kamu juga terkadang perlu mengorbankan waktu luang untuk berbagai macam pelatihan yang harus kamu lakukan, demi kemajuan karir sebagai pegawai negeri sipil. Pelatihan-pelatihan tersebut tidak jarang dilakukan di luar kota, sehingga bagi yang memiliki anak, hal ini menjadi sesuatu yang cukup berat untuk dilakukan.

Dalam beberapa kasus, untuk memiliki jenjang karir yang baik sebagai PNS dirasa cukup sulit, karena adanya hambatan-hambatan yang ada berhubungan dengan politik, bukan hanya profesionalitas kamu.

Baca juga: Tingginya Gaji PNS di Negara-negara Maju

Related

Career 3778017444392895025

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item