Film-film Horor Malaysia Terbaik dan Terseram (2)

Film-film Horor Malaysia Terbaik dan Terseram

Naviri.Org - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Film-film Horor Malaysia Terbaik dan Terseram 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Santau
Sutradara: Azhari Zain
Pemain utama: Esma Daniel, Mariani, Puteri Mardiana, Bob Lokman
Tahun Rilis: 2009

Esma Daniel berperan sebagai Halim, dan Puteri Mardiana sebagai Nina. Mereka bersama anak perempuannya, Tuti, hidup bahagia dan sejahtera. Tetangganya juga merupakan pasangan suami istri, Usin dan Ana. Sementara di sebelahnya lagi terdapat rumah kosong yang siap sewa.

Kehidupan harmonis mereka mulai terusik ketika Tuti mulai melihat makhluk-makhluk aneh. Demikian juga dengan Nina, yang mengeluhkan rasa sakit. Namun hal-hal ganjil tersebut biasanya terjadi ketika Halim tak ada di rumah, sehingga ia tambah tak percaya.

Sampai suatu hari, ia membawa istrinya ke bidan kampung. Sang bidan kemudian mengatakan kalau mereka sudah menerima santau. Hal itu dikarenakan ada yang iri terhadap pencapaian dan kebahagiaan mereka.

Al Hijab
Sutradara: Pierre Andre
Pemain utama: Mohd Pierre Andre, Fahtia, Mainom Mutalib, Nor Albaniah
Tahun Rilis: 2011

Aktor, sutradara, dan penulis keturunan Malaysia-Prancis, Mohd Pierre Andre, menjadi pemain utama sekaligus pengarah filmnya. Di dalam film ini, ceritanya juga tentang pembuatan film horor. Ia masih menjadi pemeran utama. Namanya Rafael. Namun, masalahnya, Rafael sama-sekali tak mempercayai eksistensi dunia hantu. Dia pun merasa kurang bisa menjiwai peran horornya.

Untuk itu, ia pun mencari berbagai solusi. Sampai kemudian ibu pacarnya menyarankan agar Rafael membuka hijabnya, sehingga ia bisa melihat dunia gaib. Tetapi upaya yang dirasa sebagai jalan keluar justru jadi awal kemunculan masalah lain yang lebih rumit.

Villa Nabila
Sutradara: Syafiq Yusof
Pemain utama: Pekin Ibrahim, Tisya Shamsir
Tahun Rilis: 2015

Film yang berdasarkan true story selalu mendapat tempat istimewa tersendiri. Demikian juga dengan Villa Nabilla, yang diangkat dari kisah bangunan kosong di Villa Nabila, Johor, Malaysia. Tempat ini bahkan masuk dalam list tempat berhantu dan paling menyeramkan di seantero Malaysia.

Karya film ini menjadi semacam dokumenter, yang terinspirasi dari kasus hilangnya seorang remaja. Di dalamnya juga berisi pengalaman buruh atau pekerja, Asyraf dan Amar, yang mendapat tugas merobohkan villa tersebut. Film ini melengkapi tayangan dengan membeberkan latar belakang villa.

Sini Ada Hantu
Sutradara: James Lee
Pemain Utama: Alvin Wong, Rama, Fasha Sandha, Pete Teo
Tahun Rilis: 2011

Perusahaan antar barang dan penyewaan kendaraan mendapat tugas besar. Sebagai bos, Rama harus mencari driver yang sanggup mengantarkan keranda dan mayat ke luar kota. Setelah merayu dengan gaji tinggi dan waktu cuti, ia pun berhasil menugaskan Ah Meng dan Bakri.

Untuk mengisi perjalanan agar tidak jenuh dan mengantuk, keduanya kemudian bertukar cerita seram. Cerita satu tentang hantu pokok pisang, dan yang kedua tentang hantu nombor ekor.

Resurrection
Sutradara: Mohd Pierre Andre, Jin Ming
Pemain utama: Sharnaaz Ahmad, Nisha Dir, Cut Mutia, Mohd Pierre Andre
Tahun Rilis: 2011

Mohd Pierre Andre kembali menjadi sutradara sekaligus pemain film, tetapi perannya tidak sedominan ketika ia bermain dalam Al Hijab. Namun ceritanya masih berkenaan dengan produksi film.

Ceritanya ketika proses syuting berlangsung, Yana yang semula sedang terisak tiba-tiba terkekeh. Tim atau kru pun panik, sebab jelas sekali kalau dia kerasukan. Tetapi sang sutradara, Lina, kukuh untuk melanjutkan prosesnya. Apalagi video tersebut bisa “menambah nilai” filmnya nanti. Dari situlah, mereka semua masuk dalam teror berbahaya.

Pontianak Harum Sundal Malam
Sutradara: Shuhaimi Baba
Pemain utama: Maya Karin, Azri Iskandar, Rosyam Nor, Eizlan Yusof
Tahun Rilis: 2004

Ketika rilis, film ini langsung menyita perhatian publik. Bahkan langsung dibuatkan seri keduanya, sebab penonton memang puas pada cerita dan akting para pemainnya. Kisahnya terfokus pada dua setting waktu, di masa tahun 40-an dan di masa kekinian.

Kita juga bisa melihat akting apik Maya Karin, yang berperan ganda sebagai Meriam dan Maria. Film ini sedikit mengingatkan kita pada akting Suzanna sebagai Ayu dan Minati sekaligus dalam film “Malam Jumat Kliwon”.

Fenomena
Sutradara: Aziz M. Osman
Pemain utama: Ramona Rahman, M.Nasir, Amy Search, Abu Bakar Omar, Afida Es
Tahun Rilis: 1990

Pecinta Ami Search tentu tak akan melewatkan film ini. Kisahnya bermula dari Isabella kecil yang menderita penyakit aneh. Di suatu malam, tangisannya terus terdengar tiada henti. Namun, seorang tukang kebun berhasil meredakan rasa sakitnya, sehingga Isabella kembali seperti biasa.

Ketika beranjak dewasa, Isabella sudah ada di Universitas London. Penyakitnya kembali datang. Bahkan dokter sudah memvonis harapan hidupnya tinggal beberapa bulan saja. Namun Isabella enggan menyerah. Ia pun kembali ke Malaysia demi mengobati penyakitnya.

Highland Tower
Sutradara: Mohd Pierre Andre
Pemain utama: Eddy Rauf, Atikah Suhaime, Shima Anuar, Adibah Yunus, Zairi Zainal
Tahun Rilis: 2013

Tayangan horor satu ini mengambil konsep “found footage”, sehingga penonton seakan terlibat dan merasakan ketakutan para tokoh di dalamnya. Lebih lagi, lokasi yang dipilih yaitu di Highland Towers yang ada di Taman Hillview, Hulu Kelang, Selangor, Malaysia.

Tepat pada 11 Desember 1993, telah terjadi tragedi yang menewaskan 48 nyawa. Sontak saja, dokumenter yang disajikan ini membuat bulu kuduk kita merinding.

Baca juga: Film-film Horor Mengerikan yang Paling Meneror Penonton

Related

Film 1215526693952539444

Recent

Hot In The Week

100 Artis Tercantik Indonesia Saat Ini

Naviri.Org - Ada banyak sekali artis wanita di Indonesia, khususnya artis musik, juga artis film dan sinetron. Selama bertahun-tahun, du...

item