Di China, Murid-murid Sekolah Dianjurkan Tidur di Kelas

Di China, Murid-murid Sekolah Dianjurkan Tidur di Kelas

Naviri.Org - Di masa SD dulu, kita mungkin pernah mendapati teman kita yang tanpa sengaja tertidur di kelas, saat pelajaran sedang berlangsung. Mungkin karena mengantuk atau kelelahan, dia tak sengaja tertidur sementara murid-murid lain mendengarkan pelajaran.

Biasanya, saat hal itu diketahui, guru di kelas akan membangunkan, atau bahkan sampai memarahi murid yang tidur. Bagaimana pun, murid dilarang tidur di kelas, apalagi saat pelajaran sedang berlangsung.

Terkait tidur di kelas, China memiliki aturan yang mungkin aneh. Bukannya melarang, mereka malah menganjurkan murid-murid sekolah untuk tidur di kelas. Peraturan itu dimulai di Kota Xian, Provinsi Shaanxi. Surat kabar the Daily Mail melaporkan, murid-murid di sana dianjurkan tidur di kelas, agar tidak mengantuk saat dalam perjalanan pulang ke rumah. Pasalnya, banyak murid di sana yang tinggal cukup jauh dari sekolah.

"Tidak cukup waktu untuk pulang dan tidur siang hari," kata juru bicara sekolah.

Selain itu, kebiasaan tidur siang dinilai bagus untuk perkembangan anak. Siswa disuruh melakukan kegiatan itu di dalam ruang kelas, di atas meja belajar mereka masing-masing. Konsep ini dikenal dengan nama Wujiao.

Banyak sekolah di daratan China dan Taiwan melaksanakannya setelah selesai makan tengah hari. Waktu diberikan untuk tidur siang hanya setengah jam, tapi cukup membuat mereka kembali segar.

Anak-anak mengaku tidak kesulitan saat tidur. Mereka cukup meringkuk di atas meja. Para murid malah semangat sampai membawa bantal dan selimut, dan tertidur pulas. Jadi tidak ada lagi alasan terlambat ke sekolah, dan bisa mengikuti pelajaran dengan baik.

Baca juga: Kisah Bocah Jenius Indonesia yang Kuliah di Kanada

Related

World's Fact 1408908660139021509
item