10 Orang Terkaya di Filipina dan Cara Mereka Menjadi Kaya

10 Orang Terkaya di Filipina dan Cara Mereka Menjadi Kaya

Naviri Magazine - Filipina, sebagaimana negara-negara lain, memiliki berbagai bidang bisnis. Bidang-bidang bisnis itu sebagian dimiliki dan dikendalikan sekelompok orang yang lalu menjadi orang-orang terkaya di negaranya. Di mana pun, tampaknya para pengusaha atau bisnisman memang menjadi orang yang paling mungkin menjadi kaya.

Dalam bidang bisnis, Filipina termasuk negara yang terus mengalami peningkatan dan pertumbuhan, karenanya orang-orang kaya di sana bisa dibilang makin banyak. Dilansir dari Forbes, berikut ini adalah sepuluh orang terkaya di Filipina, dengan berbagai bidang bisnis atau usaha yang mereka geluti.

1. Henry Sy & keluarga

Henry Sy dan keluarga memiliki kekayaan sebesar USD9,100 miliar. Taipan ini juga tercatat sebagai orang terkaya nomor 116 di dunia. Dia memiliki perusahaan retail terbesar di negeri itu, serta menjadi pengembang mal.

2. Lucio Tan & keluarga

Lucio Tan dan keluarga memiliki kekayaan sebesar USD4,5 miliar. Dia juga memiliki saham di Philip Morris Fortune Tobacco. Aset milik ayah enam anak ini termasuk perusahaan pembuat bir Asia Brewery, dan perusahaan properti Eton yang bertempat di Hong Kong.

3. Enrique Razon, Jr.

Enrique Razon, Jr. memiliki kekayaan sebesar USD3,6 miliar. Kekayaan Razon berasal dari bisnis di sektor pelabuhan. Ia mengambil alih bisnis keluarganya, yakni International Container Terminal Services (ICTS), di usianya yang menginjak 27 tahun.

4. John Gokongwei Jr. & keluarga

John Gokongwei Jr. dan keluarga memiliki kekayaan senilai USD3,2 miliar. Dia memiliki tiga mal baru di bawah perusahaannya, Robinsons Land, serta memiliki perusahaan Cebu Air.

5. David Consunji & keluarga

David Consunji & keluarga memiliki kekayaan senilai USD2,7 miliar. Pendiri perusahaan konstruksi DMCI ini juga mendapat keuntungan dari usaha tambangnya, Semirara Mining.

6. Andrew Tan

Pundi-pundi kekayaannya mencapai USD2,3 miliar. Bapak empat anak ini memiliki banyak perusahaan yang bergerak di bidang real estate, pembangkit listrik, makanan dan minuman, serta gaming. Keuntungannya melonjak karena bisnis properti yang digelutinya.

7. Jaime Zobel de Ayala & keluarga

Jaime Zobel de Ayala dan keluarga memiliki kekayaan bernilai USD2,2 miliar. Dia merupakan chairman di Ayala Corp. Grup perusahaan yang dimilikinya berinvestasi di bidang properti, telekomunikasi, dan infrastruktur.

8. George Ty & keluarga

George Ty dan keluarga adalah pendiri Metropolitan Bank, yang mempunyai kekayaan sebesar USD1,7 juta. Dia juga mempunyai saham di Toyota Motor Philippines, AXA Philippines, serta Global Business Power Corp.

9. Roberto Ongpin

Roberto Ongpin memiliki kekayaan sejumlah USD1,5 miliar. Dia menggeluti bidang investasi. Dia pun berekspansi ke sektor minyak dan gas.

10. Eduardo Cojuangco

Dia tercatat mempunyai kekayaan sebesar USD1,4 miliar. Sumber kekayaannya berasal dari sektor makanan dan minuman, yakni San Miguel. Saat ini dia menggeluti bidang infrastruktur, pembangkit listrik, dan industri alat berat.


Related

Money 8680623925260084306

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item