Stephen Hawking, dari Alam Semesta Sampai Zayn Malik

 Stephen Hawking, dari Alam Semesta Sampai Zayn Malik

Naviri Magazine - Stephen Hawking bukan hanya ilmuwan yang pintar melahirkan gagasan besar, tetapi juga ilmuwan yang pandai berbagi pengetahuan, dan memotivasi generasi muda. Buku ilmiah populernya, seperti "A Brief History of Time" dan "The Universe in a Nutshell", adalah sejumlah contoh.

Dalam "My Brief History", Hawking mengatakan, ia ingin mengajak orang memahami perkembangan pemahaman tentang alam semesta. Ia juga mengatakan tak ingin hanya menulis buku yang bagus. "Jika saya menghabiskan waktu dan usaha untuk menulis buku, saya ingin menjangkau sebanyak mungkin orang," ungkapnya.

Proses menulis buku tidak mudah. Hawking harus merevisi berkali-kali, menuruti usulan editornya, Peter Guzzardi. Hawking mengatakan, ia puas dengan hasil editing buku tersebut. Ia puas karena mampu mengomunikasikan kosmos dengan minim rumus, sebab pada dasarnya ia juga tak suka rumus.

Sementara, salah satu keahlian Hawking dalam memotivasi generasi muda, ditunjukkan saat hadir dalam bentuk hologram di Sydney Opera House. Ia menjawab pertanyaan gadis remaja, yang mungkin terdengar konyol, "Apa dampak kosmologi keluarnya Zayn Malik dari One Direction, yang diikuti oleh kekecewaan para gadis di seluruh dunia?"

Hawking tak mengatakan pertanyaan itu bodoh, tetapi malah mengajak sang gadis untuk menggeluti fisika untuk mencari tahu jawabannya. "Akhirnya pertanyaan tentang sesuatu yang penting. Nasihat saya kepada para gadis yang patah hati adalah; taruhlah perhatian pada studi fisika teoretis. Sebab, suatu hari mungkin ada bukti tentang alam semesta yang majemuk," katanya.

"Bukanlah sesuatu yang tidak mungkin, bahwa di luar alam semesta kita terdapat alam semesta lain yang juga eksis, dan di alam semesta itu Zayn Malik masih menjadi anggota One Direction," imbuhnya.

Baca juga: Stephen Hawking, Ateis yang Terbuka pada Ajaran Agama

Related

Science 8957213317167851948

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item