Cacing Iblis, Makhluk Mengerikan yang Hidup di Dasar Laut

Cacing Iblis, Makhluk Mengerikan yang Hidup di Dasar Laut

Naviri Magazine - Cacing iblis adalah sebutan yang ditujukan untuk cacing golongan Polychaetes, yang ditemukan di laut dalam, tepatnya di dekat ventilasi hidrotermal, kawasan bawah laut yang berdekatan dengan zona gempa dan gunung api bawah laut.

Disebut cacing iblis, karena wujud hewan itu yang tampak mengerikan. Tubuhnya bersisik, dan mulutnya yang mengerikan bisa ditarik ke dalam atau ke luar.

Spesies cacing itu bergerak menggeliat di dasar laut. Ukuran cacing itu tidak terlalu besar, hanya 2 sampai 3 sentimeter, dan telah berevolusi sehingga bisa tinggal di kedalaman 1.000 meter, yang nyaris tak tertembus sinar Matahari. Cacing itu memiliki struktur mirip gigi, yang membantunya memakan mangsanya—bakteri atau organisme yang lebih kecil.

Cacing itu juga diketahui membangun simbiosis dengan bakteri. Bakteri mendapatkan permukaan untuk tumbuh, sehingga bisa melakukan metabolisme membuat energi dari energi kimia, sementara cacing bisa menikmati energi yang dihasilkan.

Bagi para ilmuwan, keberadaan cacing itu membuka kemungkinan adanya kehidupan di luar angkasa, karena dipercaya ventilasi hidrotermal juga terdapat di planet Jupiter dan Mars. 

Baca juga: Squidworm, Makhluk Aneh yang Baru Ditemukan Ilmuwan

Related

Science 5789474893938144838

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item