Mengenal Bret Harte, Penulis Cerpen Legendaris Amerika

Mengenal Bret Harte, Penulis Cerpen Legendaris Amerika

Naviri Magazine - Lahir di Albany, New York, pada 25 Agustus 1836, Francis Bret Harte adalah penulis cerita pendek terkenal dari Amerika. Ia hanya sedikit memperoleh pendidikan formal, namun membaca banyak buku di perpustakaan ayahnya. Dari kegemarannya membaca itulah ia lalu mengenal sekaligus mengagumi Charles Dickens, penulis Inggris, yang kemudian mempengaruhi tulisan-tulisannya.

Sebelum menjadi penulis, Bret Harte bekerja sebagai asisten apoteker, pengirim surat, penambang, asisten juru cetak, dan lain-lain. Pada tahun 1860, ia menetap di San Francisco dan bekerja di koran Golden Era, dan di situlah ia mulai menulis sajak dan prosa.

Perjalanan karirnya di Golden Era kemudian mengantarkannya sebagai sekretaris di Branch Mint, juga menjadi editor di koran The Californian.

Pada tahun 1867, tulisan-tulisannya di koran Golden Era dikumpulkan dan diterbitkan dalam buku berjudul “The Lost Galleon” dan “Condensed Novels”, yang segera meroketkan namanya. Tidak lama setelah itu, ia juga menerbitkan kumpulan cerita pendeknya, “The Luck of Roaring Camp” dan “Tales of Argonauts” yang segera digemari pembaca.

Pada tahun 1878, ia pergi ke Eropa, meninggalkan istri dan anak-anaknya, untuk mengabdi sebagai konsul Amerika Serikat di Prussia dan Glasgow. Ia kemudian menetap di London pada 1885, dan melanjutkan karir menulisnya, hingga hari kematiannya pada 6 Mei 1902.

Baca juga: 7 Fakta Seputar Agatha Christie yang Jarang Diketahui

Related

Figures 1190332950616783857

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item