Berapa Banyak Hewan yang Hidup di Hutan Hujan?

Berapa Banyak Hewan yang Hidup di Hutan Hujan?

Naviri Magazine - Meski luas hutan hujan hanya sekitar sepersepuluh dari permukaan bumi, namun hutan hujan merupakan rumah bagi sekitar setengah spesies hewan dan tumbuhan di dunia. Jumlah spesies serangga saja mencapai ribuan di tempat itu, dan diperkirakan sebanyak 1,5 juta orang juga menggantungkan hidupnya di hutan hujan.

Berbagai hewan hidup di hutan hujan—dari yang kecil, yang besar, yang hidup di darat, maupun di udara. Biasanya, hewan-hewan yang tinggal di sana hidup di bagian hutan yang lebat pepohonannya, sehingga membentuk kanopi.

Bagian tersebut merupakan bagian dari hutan hujan yang mendapatkan sinar matahari dan curah hujan paling banyak, sehingga pepohonannya menghasilkan banyak buah-buahan, biji-bijian, bunga serta dedaunan, yang merupakan makanan bagi hewan-hewan.

Para ilmuwan menyatakan bahwa lebih dari separuh spesies hewan—juga tanaman—tinggal di hutan hujan. Hutan hujan adalah hutan tropis yang banyak menerima hujan, dan yang paling terkenal adalah hutan Amazon. Di hutan, hewan tumbuh dan berkembang secara alami—dari hewan-hewan kecil semacam serangga, sampai hewan-hewan besar semisal gajah.

Di masa sekarang, banyak hewan hutan yang mengalami ancaman kepunahan akibat rusaknya habitat mereka. Pembalakan dan perburuan liar adalah dua hal yang paling berperan dalam kerusakan tersebut, meski unsur alam semisal tanah longsor juga ikut berperan.

Ketika habitat asli mereka rusak atau diganggu—semisal karena pembukaan lahan untuk pemukiman penduduk—hewan-hewan itu pun sering kali keluar dari tempat aslinya, dan menimbulkan bahaya bagi penduduk sekitar.

Baca juga: Mengenal Hutan Hujan, Kawasan yang Ditinggali Banyak Hewan

Related

Science 2109996094898768799

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item