Ternyata, Ular Tidak Bisa Mengedipkan Matanya

 Ternyata, Ular Tidak Bisa Mengedipkan Matanya

Naviri Magazine - Ular tidak memiliki kelopak mata, sehingga tidak bisa berkedip, juga tidak bisa menutup matanya, bahkan ketika tidur. Ketika ular bergerak ke sana ke mari, matanya dilindungi oleh sisik transparan yang disebut brille.

Kebanyakan orang berpikir ular memiliki tatapan mata yang jahat, namun anggapan seperti itu semata-mata karena ular tidak bisa mengedipkan matanya.

Ular apa yang berkacamata?

Ular gurun sering bersantai dan menunggu mangsa dengan cara menyelam ke dasar pasir. Pertama, ia akan menggeliat serta bergerak menyamping, kemudian menggerakkan ekornya dari kiri ke kanan dengan sangat cepat, sampai akhirnya seluruh tubuhnya terbenam sepenuhnya di dalam pasir, kecuali satu atau kedua matanya.

Cara menunggu mangsa semacam itu berbahaya bagi hewan lain, karena mata tetap berada di luar, sehingga rawan terkena badai pasir secara tiba-tiba.

Namun hal itu tidak terjadi dengan ular gurun, karena mata hewan berbisa itu memiliki “kacamata” yang terbuat dari sisik seperti kaca, sehingga matanya terlindung dari badai debu pasir.

Baca juga: Ribuan Tahun Lalu, Manusia Berduel dengan Makhluk Raksasa

Related

Science 8600933296429356997

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item