Honeyguide, Burung yang Menuntun Manusia ke Tempat Madu

Honeyguide, Burung yang Menuntun Manusia ke Tempat Madu

Naviri Magazine - Burung honeyguide adalah burung kecil di Afrika yang memakan larva tawon, madu, dan lilin tawon lebah dari sarang lebah liar. Namun, ia tidak bisa memecahkan sarang tawon, sehingga ia pun bertindak seperti “makelar”.

Ketika menemukan sarang tawon, burung honeyguide akan berusaha menunjukkannya kepada manusia atau pada ratel (pengisap madu) tempat sarang tawon itu berada, dengan cara terbang mengelilingi sarang tawon tersebut dan mengeluarkan suara-suara riuh sampai mereka mengikutinya.

Ketika ratel atau manusia telah memecahkan sarang tawon itu hingga terbuka, burung honeyguide akan mendapatkan “komisi” berupa madu yang bisa dinikmatinya.

Dari mana budgy berasal?

Budgy adalah burung asli Australia. Di alam liar Australia, budgy dapat dilihat sedang terbang bersama-sama kawanannya. Nama mereka berasal dari bahasa Aborigin, yang berarti “burung yang beraneka warna”.

Mereka adalah anggota keluarga parakeet, yang di dalamnya termasuk burung kakatua, cockatoo, cockatiels, dan lorikeets.

Hampir sebagian besar budgy berwarna kuning dan hijau, dan berada dalam bahaya kepunahan karena para pemburu menembak burung tersebut sebagai hama, atau menangkap mereka untuk dijual pada pedagang hewan peliharaan.

Baca juga: Penyu Hijau, Reptil yang Mengeluarkan Telur Terbanyak

Related

Science 870367029573677981

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item