Negara Terluas dan Negara Terkecil di Dunia

Negara Terluas dan Negara Terkecil di Dunia

Naviri Magazine - Apa negara terluas di dunia? Bukan Amerika! Negara yang terluas di dunia adalah Rusia, atau Rossiyskaya Federatsiya. Luas negara ini sekitar 17.075.200 kilometer persegi, atau hampir 40 juta kali luas Vatikan, yang menjadi negara terkecil di dunia.

Dulu, Rusia adalah wilayah yang paling dominan dari Uni Soviet. Setelah Uni Soviet bubar, Rusia pun menjadi negara sendiri pada tahun 1991.

Sedangkan negara terkecil di dunia adalah Vatikan. Nama resminya Stato della Citta del Vaticano, atau Negara Kota Vatikan. Luasnya hanya 44 hektar, dan wilayahnya terdapat di dalam kota Roma, Italia. Negara ini terbentuk pada 11 Februari 1929.

Karena sangat kecil, Vatikan bahkan tidak bisa menampung kedutaan asing di negaranya. Kantor-kantor kedutaan asing yang tak tertampung itu pun ditempatkan di Roma, Italia.

Berbeda dengan negara lain yang dipimpin presiden atau perdana menteri, Vatikan dipimpin oleh seorang Paus, yang juga menjadi pemimpin Kristen Katolik sedunia.

Baca juga: Berapa Jumlah Penduduk Indonesia? Ini Jawabannya

Related

World's Fact 3640413424785475553

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item