5 Penemuan Misterius yang Bikin Pusing Para Ilmuwan

 5 Penemuan Misterius yang Bikin Pusing Para Ilmuwan

Naviri Magazine - Pengetahuan kita tentang masa lalu banyak terbantu dengan aneka penemuan yang kemudian membuka banyak kenayataan di zaman dulu. Dalam contoh yang mudah, penemuan mumi Firaun membantu kita memahami bagaimana kehidupan Mesir sekian ribu tahun yang lalu.

Penemuan benda-benda dari zaman kuno kadang ada di bawah tanah, di bawah air, di tempat terpencil, dan lain sebagainya. Melalui berbagai penelitian para ahli, penemuan-penemuan itu pun lalu bisa dipahami, dan memberi pengetahuan baru pada zaman kita.

Sayangnya, ada penemuan-penemuan yang membingungkan, yang tidak bisa dipahami, hingga menjadi penemuan-penemuan yang misterius. Lima penemuan berikut ini di antaranya.

 5 Penemuan Misterius yang Bikin Pusing Para Ilmuwan

Objek Laut Baltik

Pada Juni 2011, sekelompok penyelam di Swedia menemukan sebuah objek yang sangat aneh di dasar Laut Baltik.

Penemuan kali ini bukan benda tenggelam atau formasi batuan alami, melainkan sebuah bentuk yang sangat aneh, seperti berasal dari luar bumi. Yang lebih mengagetkan, pada objek itu terdapat garis sepanjang 300 meter, sehingga terlihat seperti bekas kecelakaan sebuah pesawat.

Tetapi, pesawat baru ada pada tahun 1900-an, kan? Sementara objek yang ditemukan di dasar laut itu berusia ratusan tahun lalu.

 5 Penemuan Misterius yang Bikin Pusing Para Ilmuwan

Jamur lendir

Sampai saat ini, para peneliti masih kebingungan dengan cara hidup tumbuhan jamur yang memiliki warna kuning, yang disebut jamur lendir. Kalau jamur biasa umumnya hanya berada pada permukaan yang lembap, jamur yang satu ini mampu melewati berbagai permukaan.

Seperti contoh, saat sedang mencari sumber makanan, jamur-jamur itu bisa langsung membentuk sebuah pola yang saling berhubungan satu sama lain. Meskipun tidak memiliki otak, jamur itu memiliki kemampuan untuk keluar dari sebuah labirin, dan bahkan memahami lingkungan sekitarnya.

Jadi, sampai sekarang para peneliti masih bingung, bagaimana ada sebuah makhluk hidup tanpa otak yang bisa melakukan hal-hal seperti itu.

 5 Penemuan Misterius yang Bikin Pusing Para Ilmuwan

Do-Guu

Do-guu merupakan seperangkat patung tanah liat yang memiliki berbagai bentuk dan ukuran, yang dapat ditemukan di seluruh Jepang. Do-guu merupakan peradaban berbahasa Jepang yang memiliki arti “patung lilin”.

Sampai saat ini, setidaknya sudah ada 11.000 patung ditemukan, yang semuanya memiliki umur bermacam-macam. Sampai saat ini pula, para peneliti masih kebingungan tentang misteri awal keberadaannya, juga kegunaan benda tersebut.

Tetapi, kalau dari kepercayaan orang sekitar, benda tersebut diyakini memiliki kekuatan magis, yang digunakan orang Jepang zaman dahulu, yang menganut agama Sinto.

 5 Penemuan Misterius yang Bikin Pusing Para Ilmuwan

Jalan Bimini

Setiap kali peneliti menemukan sesuatu yang ada di bawah laut, pasti selalu dihubungkan dengan Atlantis yang hilang sejak dahulu kala. Seperti sebuah jalan setapak yang ditemukan di dasar Laut Bimini, dimana terdapat sebuah formasi batuan yang mirip sebuah jalanan.

Banyak peneliti di dunia yang sudah mencari kebenarannya, tetapi sampai sekarang belum ada satu pun peneliti yang berhasil memecahkan misteri tersebut.

 5 Penemuan Misterius yang Bikin Pusing Para Ilmuwan

Buku Voynich

Buku Voynich mungkin salah satu dokumen yang menyimpan banyak misteri, yang belum bisa dipecahkan sampai sekarang. Para peneliti menganggap buku ini sebagai kodeks, karena ditulis dengan berbagai bahasa yang unik, dan tidak ada satu pun orang di dunia yang mengerti.

Buku ini ditemukan pada tahun 1912. Setelah dilakukan penelitian, ternyata buku tersebut sudah ditulis sejak abad ke-15. Isi buku tersebut seperti sebuah buku ilmu pengetahuan, tetapi sampai saat ini masih belum bisa dipecahkan.

Baca juga: 3 Paradoks yang Tidak Mampu Dijawab Otak Manusia

Related

Science 8150029489947985188

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item