Anak Kecil Sulit Membedakan Fantasi dan Kenyataan

 Anak Kecil Sulit Membedakan Fantasi dan Kenyataan

Naviri Magazine - Fantasi dan kenyataan adalah dua hal yang berbeda. Fantasi adalah khayalan atau sesuatu yang tidak benar-benar nyata, karena hanya ada dalam pikiran si pengkhayal. Sementara kenyataan adalah sesuatu yang benar-benar terjadi. Orang dewasa tentu bisa dengan mudah membedakan dua hal itu. Tapi bagaimana dengan anak kecil?

Anak kecil belum mampu memiliki kemampuan sebagaimana orang dewasa dalam membedakan khayalan dan kenyataan. Karenanya, kadang ada anak-anak kecil yang berceloteh tentang hal-hal yang aneh atau tak masuk akal, karena dia sebenarnya menceritakan fantasi atau khayalannya, bukan kenyataan yang benar-benar ia saksikan.

Hal semacam itu terjadi, karena mereka belum bisa membedakan apa yang mereka ketahui dan apa yang tidak mereka ketahui. Kemampuan untuk membedakan antara kenyataan dan imajinasi dimiliki seseorang seiring dengan usianya bertambah.

Jika kita menanyakan kenyataan seperti, “Bagaimana rasa pizza yang kamu makan semalam?” mereka bisa menjawabnya dengan detail.

Namun, kadang mereka menceritakan hal-hal yang tidak pernah mereka alami. Meski begitu, jika kita menceritakan sesuatu yang sangat tidak masuk akal kepada anak-anak, mereka bisa saja tidak mempercayainya.

Baca juga: Pentingnya Melatih Anak Gemar Membaca Buku Sejak Dini

Related

Psychology 1218791776986249922
item