Cenderawasih, Burung Surga yang Terancam Punah

 Cenderawasih, Burung Surga yang Terancam Punah

Naviri Magazine - Burung cenderawasih memiliki penampilan yang cantik, dengan tubuh berbulu warna-warni yang indah. Karenanya, hewan ini pun disebut burung surga (bird of paradise). Cenderawasih jantan memiliki penampilan yang lebih indah dibanding yang betina, juga berukuran lebih besar.

Cenderawasih termasuk burung hutan yang berwarna-warni, dan burung itu hidup di lembah-lembah pegunungan hutan tropis, seperti di pegunungan Papua Nugini, dan sebelah timur laut Australia.

Di Indonesia, cenderawasih bisa dijumpai di pegunungan Jayawijaya, pada ketinggian 2.700 sampai 4.000 meter.

Mengapa cenderawasih terancam punah?

Selain tingkat reproduksi yang rendah, penyebab kepunahan burung cantik ini karena rusaknya habitat mereka. Penebangan hutan, pembukaan perkebunan sawit, serta pencarian kayu di pegunungan dan pedalaman Papua menjadikan perubahan lingkungan yang menjadi habitat cenderawasih.

Selain itu, karena keindahan penampilannya, cenderawasih juga sering diburu untuk diperdagangkan. Selalu ada kolektor atau pecinta burung yang mau membayar mahal untuk seekor cenderawasih, sehingga perburuan liar terus terjadi dan menyebabkan burung itu semakin terancam punah.

Baca juga: Mengapa Tubuh Komodo Berukuran Sangat Besar?

Related

Science 3434353137408029441

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item