Fakta-fakta Dunia yang Sangat Mencengangkan (1)

Fakta-fakta Dunia yang Sangat Mencengangkan

Naviri Magazine - Dunia yang kita tinggali tidak hanya berisi manusia, namun juga kisah dan sejarah di dalamnya. Karena perjalanan kehidupan manusia adalah kisah demi kisah, sejarah demi sejarah, dan fakta demi fakta. Semua itu lalu menjadi pengetahuan dunia, yang sebagian mungkin telah kita tahu.

Di antara banyak kisah dan fakta dunia, sebagian memang ada yang terkenal, namun ada lebih banyak yang tidak dikenal. Di antara banyak sejarah yang tidak atau jarang dikenal, ada sebagian yang sangat mencengangkan dan mungkin tak pernah kita bayangkan. Berikut ini 42 fakta di antaranya.

Fakta #1

Di masa lalu, ada manusia berwajah kera tak berekor, yang mempunyai volume otak dua kali lebih besar dibandingkan manusia berwajah kera tak berekor lainnya, dan mereka membuat perkakas untuk pertama kali sekitar 2 juta tahun yang lalu.

Mereka terbagi dalam empat ras berbeda setelah 1 juta tahun kemudian, dan salah satunya meninggalkan benua Afrika. Mereka lalu dapat berbicara menggunakan bahasa tertentu, sekitar 400.000 tahun yang lalu, dan pada waktu itu mereka sudah tersebar di benua Afrika, Eropa, dan Asia.

Fakta #2

Ternyata, ada sebuah kelompok besar orang Asia bermigrasi dari benua Asia ke Amerika, ketika benua Asia dan Amerika terhubung di bagian utara.

Kemudian mereka tinggal di seluruh bagian utara dan selatan benua Amerika, yang mungkin dikenal sebagai kawasan bangsa Indian—penduduk asli Amerika—yang salah disebutkan namanya oleh Columbus, karena Columbus mengira ia sudah sampai di India, sehingga menyebut mereka Indian atau orang-orang India.

Fakta #3

Patung raksasa Sphinx di Mesir diperkirakan dibangun sekitar tahun 8.000 SM (Sebelum Masehi) oleh bangsa berkulit cokelat gelap di Afrika utara, 4.000 tahun sebelum munculnya peradaban di Mesir.

Ukuran waktu dihitung berdasarkan kikisan air hujan pada patung batu tersebut. Cara ini lebih akurat untuk mengukur usia patung batu tersebut.

Fakta #4

Daerah Brazil ditemukan lewat jalan laut sekitar tahun 531 SM, atau bisa jadi sebelum masa itu, oleh bangsa Phoenicians. Bangsa Phoenicians merupakan bangsa pertama yang berdagang melintasi samudera.

Mereka tinggal di sekitar Lebanon (merupakan kota berbudaya pertama di dunia), dan mereka telah melintasi samudera Atlantik dari benua Afrika, dan mengadakan kegiatan perdagangan dengan masyarakat lokal di sana selama bertahun-tahun.

Masyarakat lokal tersebut benar-benar datang dengan berjalan kaki dari Cina, bertahun-tahun sebelumnya.

Fakta #5

Cleopatra (69 sampai 30 SM), yang menjadi Ratu Mesir, masih berusia 16 tahun tapi dikenal memiliki nafsu seks yang abnormal (maniak seks), dan waktu itu dia sudah menjadi istri Julius Caesar.

Cinta pertamanya terjadi saat berusia 12 tahun, dan dia mempunyai kuil yang khusus ia tempati bersama pacar-pacarnya, untuk melakukan pesta seks di sana. Cleopatra kemudian melakukan bunuh diri ketika berusia 38 tahun.

Fakta #6

Bangsa Cina menyeberangi samudera dengan kapal besar dan menemukan Meksiko, sekitar tahun 459 M, dan juga negara-negara lainnya.

Fakta #7

Bangsa Viking dari Eropa utara mempunyai daerah jajahan kecil di sekitar pantai timur Amerika, sekitar tahun 900 SM.

Fakta #8

Orang Eropa selatan pertama yang menemukan Amerika utara pada tahun 1472 adalah seorang Portugis, bernama Joao vas de Corte Real, di suatu misi penemuan yang rahasia.

Tetapi bangsa Phoenicians barangkali mengunjungi Amerika utara, jauh sebelum itu. Sementara Columbus datang pertama kali dua puluh tahun kemudian, yaitu tahun 1492, dan dia menyebut Haiti untuk Hispaniola!

Fakta #9

Mills Darden adalah pria AS yang hidup anara tahun 1798 sampai 1857. Ia memiliki berat badan 463 kg, sementara istrinya hanya 46 kg.

Fakta #10

Antonio Meucci (1808-1889) dari Italia menemukan telepon pada 1849, dan Alexander Graham Bell—yang sebenarnya bekerja pada Meucci—mematenkan salinannya pada tahun 1876 dan mengakui sebagai penemunya!

Fakta #11

Sir Joseph Wilson Swan mematenkan bola lampu untuk pertama kalinya pada tahun 1878 di Inggris. Dan Thomas Alva Edison membuat sedikit tiruan yang lebih baik, kemudian berusaha untuk mendapatkan paten atas tiruan bola lampunya tersebut di Amerika, sekitar satu tahun kemudian.

Thomas Alva Edison memperkenalkan bahwa bola lampu listrik adalah hasil penemuannya. Tetapi, pada tahun 1892, perusahaan Edisons merger dengan Swans, dan menjadi General Electric. Setelah itu, mereka menggunakan metode asli temuan Swans untuk membuat bola lampu.

Fakta #12

Ilmuwan terkenal Nicola Tesla (1856-1943) menemukan radio pada tahun 1893 dan mematenkannya, berarti Marconi bukanlah penemu sesungguhnya.

Fakta #13

Keempat buah cerobong kapal Titanic ternyata sebuah tipuan, hanya agar tampak seperti benar-benar empat buah!

Fakta #14

Charles Lindberg memang manusia ke-82 yang terbang melewati samudra, tetapi ia adalah yang pertama melakukannya sendirian.

Fakta #15

Negara Vatikan didirikan pada tahun 1929 dengan bantuan seorang diktator bernama Mussolini, yang ingin mendapatkan dukungan dari gereja.

Fakta #16

Herman Webster Mudgett (1860-1896), yang dikenal sebagai Dr. Harry Howard Holmes, telah membunuh sekitar 150 wanita muda, namun ia mengaku “hanya” membunuh 27 orang.

Dia menyewakan kamar-kamar di “istana” miliknya di Chicago, yang sebenarnya sebuah rumah horor. Di sana, dia membuat lorong-lorong rahasia yang berkelok-kelok, menembus dari suatu ruangan ke ruangan lainnya. Setiap kamar juga dilengkapi lift rahasia. Kamar-kamar tidur itu juga dibikin kedap suara.

Yang mengerikan, rumah itu juga dilengkapi kolam asam (mungkin untuk melumatkan mayat), kamar gas, meja pembedahan yang dilengkapi alat meregangkan tubuh manusia, krematorium pribadi, dan gudang bawah tanah (bunker) yang sangat besar, di mana ditemukan banyak bagian tubuh manusia yang terpotong-potong. Ia menjual tulang rangka korban-korbannya tersebut kepada sekolah-sekolah kedokteran. Korban-korbannya digantungnya selama 10 menit sebelum mati.

Baca lanjutannya: Fakta-fakta Dunia yang Sangat Mencengangkan (2)

Related

World's Fact 6901964592271355651
item