Fakta-fakta Dunia yang Sangat Mencengangkan (3)

Fakta-fakta Dunia yang Sangat Mencengangkan

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Fakta-fakta Dunia yang Sangat Mencengangkan - 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Fakta #27

Haji Muhammad (HM) Azharie adalah pria kelahiran Palembang yang dulu berdomisili di Jalan Fagih Usman Lr Tangga Raja RT 13 RW 03 No 308, 2 Ulu Laut Palembang. Sosok bapak 13 anak ini adalah saudagar Palembang yang hilir mudik Palembang–Bengkulu.

Dia pula yang dengan kemurahan hati dan jiwa besar ikut berperan “menyembunyikan” Bung Karno di kediamannya, di 2 Ulu, dan berkat jasanya pula Bung Karno pada masa pengasingan di Bengkulu dapat “lolos” ke Jakarta via Palembang.

Fakta #28

Berdasarkan laporan John Perkins, Richard Nixon, Presiden AS ke-36, mengatakan Indonesia tidak boleh jatuh ke tangan Uni Soviet atau China. Sejak itu pula, korporatokrasi disambut kleptokrasi rezim Orde Baru. Pola ini kemudian menghasilkan konspirasi lingkaran setan berupa utang untuk pembangunan.

Sebagian besar utang digunakan untuk membangun proyek infrastruktur yang dikerjakan korporatokrasi sekaligus memperkaya kleptokrasi.

Padahal, Presiden Soekarno atau Bung Karno sangat anti korporatokrasi. Terbukti, sejak 1951, Bung Karno lewat kebijakannya (UU No 44/1960) membekukan konsesi minyak bumi bagi MNC. Pembekuan itu membuat tiga besar (Stanvac, Caltex, dan Shell) meminta negosiasi ulang.

TapiBung Karno mengancam, “Saya beri Anda waktu beberapa hari. Akan saya batalkan semua konsesi jika tidak memenuhi tuntutan saya.”

Fakta #29

Kejahatan besar yang belum terbongkar (setidaknya hingga tahun 1996) adalah ketika gerombolan dari militer Amerika dan beberapa warga negara sipil Jerman mengambil cadangan emas milik negara Jerman, pada tahun 1945, serta barang-barang lainnya yang bernilai sekitar 400 juta dolar.

Fakta #30

Paul Anderson, atlet angkat berat dari AS yang memenangkan medali emas pada 1956, berhasil mengangkat barbel seberat 3.000 kilogram pada 1957, hanya dengan punggungnya.

Sementara William Pagel mengangkat barbel lebih berat 500 kilogram dari Paulus Anderson, sambil menaiki empat meter tangga.

Fakta #31

Manusia terkaya di dunia selama dua puluh tahun adalah tokoh terkemuka dari sebuah usaha pengiriman, yaitu si introver Daniel K. Ludwig (1897-1992), yang mempunyai sejumlah kekayaan sedikitnya 3.000 juta dolar pada tahun 1977 (yang menjadi sekitar 12.000 juta dolar pada 1997). Dia banyak mendermakan kekayaannya untuk riset penyakit kanker.

Fakta #32

Usia rata-rata pernikahan anak-anak perempuan di India pada tahun 1980 hanya 14,5 tahun.

Fakta #33

Internet dibuka untuk setiap orang, pertama kali pada 30 April 1993, meliputi penggunaan WWW (World Wide Web).

Fakta #34

Seorang warga Inggris, yang mengalami tekanan buruk, akhirnya sadar kembali pada tahun 1997, setelah 8 tahun koma.

Fakta #35

Usia rata-rata pernikahan anak-anak perempuan di Yaman (salah satu negera di Arab) pada tahun 2005 adalah 14,3 tahun. Pada 1999, batasan usia tersebut ditetapkan dengan undang-undang pernikahan, dari 15 tahun ke usia awal pubertas, sehingga anak-anak perempuan bisa dinikahi pada usia 9 tahun.

Tetapi, bagian yang benar-benar buruk adalah kebanyakan pernikahan tersebut diatur dengan tanpa memperhatikan perasaan mereka. Bahkan anak-anak perempuan tersebut banyak yang tidak mengetahui aktivitas seks (dengan alasan ajaran agama) sehingga pengalaman pertama mereka memasuki perawinan berakhir dengan guncangan emosi.

Fakta #36

Mengenai keajaiban alam, ada sebuah sungai yang terdapat di bawah tanah, terletak sedikit di bawah sungai Nil. Ukurannya enam kali lebih besar dari sungai Nil. Sungai Nil sendiri dialiri 1.360 juta meter kubik air setiap hari.

Fakta #37

Air terjun yang paling tinggi di dunia adalah Salto del Angel di Venezuela, yang tingginya 979 meter.

Fakta #38

Orang-orang yang melakukan penebangan pohon di dalam hutan (di kebanyakan negara) hanya untuk dijadikan kayu bakar atau membuka lahan pertanian baru. Pepohonan di hutan hujan berfungsi menahan air hujan di dalam tanah, dan membersihkan udara untuk kita bernapas.

Tetapi hutan yang gundul di beberapa negara beriklim tropis akan mudah disapu air apabila hujan lebat, yang bisa mengabiskan sumber ikan di pantai, dan bisa mengubah tanah menjadi padang pasir.

Di negara Haiti hutannya hijaunya tinggal 5%, juga di beberapa negara lainnya, bahkan lebih sedikit lagi. Sedangkan pohon tertinggi di dunia adalah redwood, yang tingginya 113 meter, di AS.

Fakta #39

Sepanjang tahun 1880, ada puluhan juta ekor merpati di Amerika Utara yang telah dibunuh, untuk berbagai alasan.

Fakta #40

Zaman es berikutnya akan datang kira-kira 100 tahun sampai paling lama 4.000 tahun mendatang. Kita sekarang berada di bagian akhir masa hangat ke-20, yang dimulai tahun 9000 SM.

Fakta #41

Di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, tidak ada kursi pesawat nomor 13, tidak ada lantai nomor 13, dan tidak ada kamar hotel nomor 13. Sementara raja Swedia menolak makan bersama dengan 13 orang di satu meja.

Fakta #42

Bajak laut di masa lalu sebenarnya hampir tidak pernah menghukum tawanannya terjun ke laut, seperti yang sering ditampilkan dalam film. Dan hanya sedikit bajak laut yang mencari harta karun, karena para bajak laut biasanya hanya saling membagi barang rampasan dengan sesama teman, dan berfoya-foya menghabiskannya pada pelabuhan berikutnya.

Jadi, hampir tidak ada peta harta karun dalam kehidupan nyata. Kecuali kisah tentang tenggelamnya kapal Spanyol yang memuat emas.

Baca juga: Kisah Pembantaian Paling Kejam Sepanjang Sejarah

Related

World's Fact 6869727583414585167
item