Film-film Bagus yang Berkisah tentang Mesir Kuno

Film-film Bagus yang Berkisah tentang Mesir Kuno

Naviri Magazine - Mesir Kuno adalah salah satu peradaban maju yang pernah ada di zaman dulu. Salah satu bukti kehebatan peradaban mereka adalah bangunan-bangunan piramida serta teknik mumifikasi yang bisa dibilang melampau zaman mereka. Seperti apa kehidupan orang-orang di zaman Mesir Kuno?

Melalui film, kita bisa menyaksikan seperti apa kehidupan masyarakat Mesir Kuno, serta berbagai intrik dan konflik yang pernah tergurat dalam sejarah mereka. Berikut ini adalah film-film bagus terkait Mesir Kuno yang perlu ditonton, khususnya bagi para penggemar kehidupan Mesir.

The Mummy Series & The Mummy (2017)

Film pertama memiliki dua versi, yaitu tahun 1999 dan tahun 2017. Yang original dan klasik adalah yang dari tahun 1999. Sedangkan versi tahun 2017 merupakan salah satu film dari Dark Universe, yaitu salah satu Cinematic Universe baru yang bercerita mengenai berbagai monster dan dewa dari berbagai legenda dan mitologi.

Sebenarnya, ceritanya tak jauh beda. Berawal dari seorang pria Amerika yang sedang mencari harta karun mesir yang tersembunyi di peradaban kuno Firaun. Dibantu oleh seorang wanita, yang merupakan penunjuk jalan sekaligus ahli arkeolog.

Petualangan mereka menjadi tak terduga, saat mereka tak sengaja membangkitkan Mumi berbahaya yang akan mengancam dunia. Sekarang mereka harus mencari cara untuk mematahkan kutukan yang ada, dan mengembalikkan makhluk tersebut ke tempat asalnya.

The Scorpion King Series

Pada zaman dahulu, sebelum piramida dibangun, seorang raja jahat bernama Memnon menggunakan kekuatan sihir untuk mendapat kemenangan besar. Dengan kekuatan dan kekuasaannya, Memnon berniat menguasai dunia.

Untuk menghentikan Memnon, para pemimpin suku yang tersisa menyewa seorang pembunuh andal bernama Mathayus, untuk membunuh penyihir tersebut. Tapi Mathayus akhirnya mendapatkan lebih dari yang dia kira.

Sekarang, dengan bantuan Arpid, pemimpin suku bernama Balthazar, dan sekutu lain yang tak terduga, Mathayus harus memenuhi takdirnya, dan menjadi Raja Kalajengking yang hebat.

Agora (2009)

Hypatia adalah nama seorang wanita yang hidup di Alexandria, abad keempat Masehi. Hypatia adalah seorang filsuf, pelajar, ahli matematika, dan pakar astronomi terkemuka di masanya.

Saat itu, Kekristenan baru masuk di Alexandria. Para penganut paganisme, termasuk Agora dan ayahnya (Michael Lonsdale), dihadapkan pada sebuah kronik agama besar masa itu. Bentrok antara penganut Pagan dan kaum Kristen tidak bisa dihindari lagi.

Film Agora sering dinilai sebagai kisah perjuangan seorang filsuf wanita di dalam suasana pertentangan antara filsafat (pada saat itu, filsafat juga berarti sains) melawan agama. Hypatia dipandang sebagai simbol perjuangan kebebasan berpikir.

Gods of Egypt (2016)

Set, dewa kegelapan yang jahat, telah mengambil alih tahta Mesir, dan menceburkan kerajaan Mesir yang damai dan sejahtera ke dalam kekacauan dan konflik. Bukan hanya dunia, tapi akhirat juga menjadi kacau balau. Hanya sedikit yang berani memberontak terhadapnya.

Seorang manusia biasa, bernama Bek, yang kekasihnya sedang terjebak di akhirat, berusaha melawan dan mengalahkan Set dengan bantuan dewa Horus yang hebat.

Exodus: Gods and Kings (2014)

Setelah mengetahui jati dirinya yang sebenarnya, Musa bangkit melawan Ramses, Firaun Mesir, dan memimpin 600.000 budak untuk melakukan perjalanan monumental demi melarikan diri dari Mesir dan berbagai kutukan wabah mematikan yang melanda Mesir.

Stargate (1994)

Di Mesir, sebuah alat aneh telah ditemukan saat sedang melakukan sebuah ekspedisi. Seorang ahli bahasa, bernama Dr. Daniel Jackson, diundang oleh seorang wanita misterius untuk menguraikan hieroglif kuno di fasilitas militer.

Ia menemukan bahwa perangkat itu dikembangkan oleh peradaban canggih yang bisa membuka portal untuk berpindah tempat ke planet lain. Dr. Jackson diundang untuk bergabung dengan tim militer di bawah komando Kolonel Jonathan O'Neil yang akan segera menjelajahi dunia baru.

Mereka menemukan sebuah tempat kuno, dimana para manusia sedang menyembah dan menjadi budak Ra, sang Dewa Matahari.

The Prince of Egypt (1998)

Bercerita tentang dua saudara laki-laki bernama Musa dan Ramses. Yang satu lahir dari darah bangsawan, dan yang satu merupakan anak yatim dengan masa lalu tersembunyi. Mereka tumbuh menjadi teman baik, dan memiliki ikatan persahabatan yang kuat, serta persaingan yang ketat.

Tetapi, setelah Musa mengetahui kenyataan dan kebenaran asal usulnya yang sebenarnya, hal itu membuat kedua saudara ini berselisih. Yang satu menjadi penguasa kerajaan paling kuat di Bumi, dan yang satu adalah pemimpin terpilih dari rakyatnya. Pertempuran mereka akan mengubah hidup dan dunia mereka selama-lamanya.

The Ten Commandments (1956)

Setelah Musa mengetahui takdirnya yang sesungguhnya sebagai orang Yahudi, ia harus berangkat untuk memimpin bangsanya, dan menjalankan misi sebagai pembebas bangsanya.

Cleopatra (1963)

Ratu Cleopatra dari Mesir mengalami kemenangan dan tragedi saat ia mencoba untuk melawan ambisi kekaisaran Roma.


Related

Film 4393398048954024794

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item