Kisah Pemuda Manado yang Terapung-apung 49 Hari di Lautan

Kisah Pemuda Manado yang Terapung-apung 49 Hari di Lautan

Naviri Magazine - Ada novel terkenal berjudul Life of Pi, mengisahkan seorang pemuda yang terombang-ambing di lautan luas. Di atas perahu, pemuda itu bertahan hidup dengan ditemani singa yang menjadi temannya. Novel Life of Pi telah difilmkan dengan judul yang sama.

Di dunia nyata, seorang pemuda asal Manado, Sulawesi Utara, mengalami peristiwa yang bisa dibilang serupa dengan kisah Life of Pi. Pemuda bernama Aldi Novel Adilang itu akhirnya selamat, setelah 49 hari terapung-apung di lautan. Nyawanya diselamatkan oleh kapal berbendara Panama.

Aldi bekerja sebagai penjaga lampu di sebuah pondok nelayan terapung, yang digunakan menjala ikan di laut lepas pantai Manado, atau dalam bahasa lokal disebut Rompong.

Rompong tersebut terlepas dari tali pengamannya pada Juli lalu, ketika angin besar melanda perairan Manado. Akibatnya, Aldi terapung di tengah samudra hingga terdampar sampai dekat Guam.

Ketika berada di lautan, Aldi hanya memiliki sedikit persediaan makanan. Untuk bertahan hidup, ia memakan ikan dan memasaknya dengan membakar kayu dari gubuknya.

Tak hanya itu, selama terdampar, Aldi juga terpaksa meminum air laut yang diperas menggunakan pakaiannya, demi menghilangkan rasa asin.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Diplomat KJRI Osaka, Fajar Firdaus. Ia menyebut, lepasnya tali pengaman sebagai penyebab Aldi terdampar ke tengah laut.

"Aldi terdampar di perairan Guam, lalu diselamatkan Kapal MV Arpeggio berbendara Panama," sebut Fajar. "Aldi bekerja sebagai penunggu Rompong. Lalu tali jangkar Rompong itu putus, sehingga hanyut karena saat itu arus sedang kuat."

Dilansir dari The Guardian, setelah diselamatkan dari kapal Panama, Aldi dievakuasi pasukan penjaga pantai di Guam. Lalu dia dibawa ke Jepang.

Pada 6 September lalu, Aldi telah diserahterimakan kepada pejabat KJRI Osaka di Tokuyama. Setelah itu, pada 8 September, didampingi pejabat KJRI Osaka, Aldi telah dipulangkan ke kampung halamannya di Manado.

Baca juga: Kisah Perjuangan Orang-orang yang Terhanyut di Tengah Lautan

Related

World's Fact 2163304888775073748

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item