Memahami Fungsi dan Penggunaan Lampu Hazard Pada Sepeda Motor

Memahami Fungsi dan Penggunaan Lampu Hazard Pada Sepeda Motor

Naviri Magazine - Apakah sepeda motor juga dilengkapi dengan lampu hazard? Ya, saat ini ada beberapa sepeda motor yang dilengkapi lampu hazard, seperti mobil.

Lampu tanda darurat, yang biasa dikenal sebagai lampu hazard, di mobil adalah hal yang sangat umum dan bahkan wajib ada. Lambat laun, fitur ini mulai diadopsi untuk sepeda motor. Fitur lampu hazard bisa ditemukan pada beberapa tunggangan terbaru seperti Honda PCX, Yamaha Lexi, dan Yamaha R15 contohnya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Honda, Agus Sani, menjelaskan kalau penggunaan lampu ini sebenarnya sama saja dengan yang ada di mobil, yakni dipakai untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan lain.

"Penggunaan lampu hazard sudah diatur dalam Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Penggunaannya pun tidak bisa sembarangan, lampu ini dipakai kalau situasi darurat saja," terang dia.

Situasi darurat yang dimaksudkan adalah seperti saat kendaraan harus menepi karena mogok, ataupun masalah lainnya yang membuat kendaraan sulit untuk dipindahkan apalagi diperbaiki di tempat.

"Makanya biasa kalau di motor itu hanya dipasang pada yang punya cc besar, yang untuk didorong saja berat. Maka seharusnya kalau lihat kendaraan berhenti dengan lampu hazard itu harus dibantu, karena pasti itu situasi darurat," tambah dia lagi.

Oleh sebab itu, dia kurang setuju dengan praktik modifikasi menambahkan lampu hazard pada motor yang ukurannya relatif lebih kecil, dan masih mungkin untuk diambil tindakan pada situasi darurat. Apalagi, jika penambahan lampu hazard pada motor yang digunakan untuk touring.

"Seharusnya memang tidak perlu menggunakan lampu hazard pada saat touring. Karena selain bukan fungsinya, juga bisa membuat kendaraan di belakang menjadi bingung ketika kendaraan di depan akan berbelok," ujarnya.


Related

Automotive 5869206779944405395

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item