Morph Storm, Tokek Unik dengan Tubuh Merah Muda

 Morph Storm, Tokek Unik dengan Tubuh Merah Muda

Naviri Magazine - Ada tokek bernama morph storm, salah satu anggota spesies Eublepharis macularis morph storm. Berbeda dengan umumnya tokek lain yang warnanya kusam, tokek morph strom memiliki warna yang unik, yaitu pink atau merah muda.

Tokek ini masuk dalam bangsa leopard gecko atau tokek Pakistan. Karena warnanya yang unik pula, tokek itu pun memiliki daya tarik sehingga memiliki harga mahal.

Tokek morph storm biasa hidup di padang pasir. Tidak seperti tokek lain yang tampak menakutkan dan mengeluarkan suara yang kadang mengganggu, tokek bertubuh pink ini justru tampak lucu dan tidak mengeluarkan suara apa pun.

Kaki-kakinya juga tidak lengket. Karena itu pula banyak orang yang tertarik menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Di pasaran, tokek unik ini kadang dijual dengan harga 2 jutaan.

Bagaimana tokek bisa merayap di dinding?

Jika dilihat dari ukuran tubuhnya, tokek termasuk besar. Namun hewan yang relatif besar itu mampu merayap di dinding seolah tak memiliki bobot. Mengapa tokek bisa merayap di dinding?

Pada kaki-kaki tokek terdapat rambut-rambut halus yang disebut setae. Pada setiap setae terdapat 100 sampai 1.000 rambut yang lebih kecil lagi, yang disebut spatula. Ukurannya sekitar 100 nanometer.

Daya lengket spatula terjadi akibat adanya daya intermolekuler (tarik-menarik antarmolekul) kaki dengan permukaan yang diinjak. Hal itulah yang memungkinkan tokek dapat merayap di dinding.

Baca juga: Albatros, Burung dengan Kemampuan Terbang Paling Hebat

Related

Science 452263717852846711

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item