Opossum, Hewan Lucu yang Suka Pura-pura Mati

 Opossum, Hewan Lucu yang Suka Pura-pura Mati

Naviri Magazine - Opossum (sejenis tupai) menggunakan cara yang unik ketika terancam karena adanya predator. Ketika berhadapan dengan bahaya, opossum akan berpura-pura mati. Ia akan membuat tubuhnya terkulai, membuka mulutnya seperti menganga, dan menjulurkan lidahnya, hingga tampak seperti telah mati.

Selama pura-pura mati itu, opossum bahkan mampu tidak bernapas sama sekali.

Predator atau hewan pemangsa yang menghadapi itu biasanya mengira opossum tersebut telah menjadi bangkai, dan mereka tidak jadi memangsanya. Setelah si predator pergi, opossum akan “hidup lagi”. Dalam hal ini, tentunya, opossum tidak benar-benar mati.

Apa sih jelarang itu?

Jelarang adalah hewan dari bangsa tupai. Karenanya, jelarang pun sering disebut tupai kerawak hitam. Jelarang bisa tumbuh sampai sekitar 1 meter panjangnya, dengan bobot mencapai 2 kilogram.

Tubuhnya ditutupi bulu-bulu berwarna hitam mengkilap, merah, kuning, serta cokelat muda kekuningan. Telinganya pendek dan bundar, kakinya cukup datar, dan memiliki cakar yang kuat.

Jelarang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, seperti Kamboja, Myanmar, Cina, Indonesia, dan negara-negara Asia Tenggara yang lain. Habitat yang mereka sukai adalah hutan dan perbukitan, terutama ruang di antara pohon-pohon yang tinggi.

Seperti jenis tupai lain, jelarang juga pandai memanjat pohon. Hewan ini suka hidup sendirian, namun terkadang berpasangan.

Baca juga: Misteri di Balik Warna Hitam-Putih pada Tubuh Zebra

Related

Science 7637359152746043803

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item