Ulah Manusia di Balik Punahnya Burung-burung di Dunia

Ulah Manusia di Balik Punahnya Burung-burung di Dunia

Naviri Magazine - Bisa dikatakan, manusia adalah musuh burung yang paling berbahaya, karena manusialah yang menghancurkan habitat burung dengan menebang pepohonan di hutan dan mengeringkan rawa-rawa.

Seekor burung juga dapat mati ketika tanpa sengaja menelan kail atau senar pancing, atau terjebak sampah yang dapat melukai dan mencekik.

Lebih dari itu, manusia juga kadang mencuri telur burung. Yang mungkin masih jarang diketahui adalah fakta unik tentang burung, yakni kalau kita mengganggu atau sekadar melihat sarang burung, maka induk burung akan meninggalkan anak-anaknya dalam sarang itu sampai mati.

Kemudian, manusia juga sering memerangkap burung-burung yang indah atau eksotik semisal kakatua, burung kolibri, elang, atau cendrawasih, dengan tujuan untuk dijual sebagai hewan peliharaan.

Namun, sering kali burung-burung itu mati ketika dipindahkan dari habitat asli mereka. Burung-burung itu juga kerap kali dibunuh untuk diambil bulu-bulunya yang indah atau diawetkan.

Baca juga: Archaeopteryx, Burung yang Punah Bersama Dinosaurus

Related

Science 6310629271639247831

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item